Menumbuhkan Kesadaran Dini Terhadap Pendidikan di Gampong Gempa Raya Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat

  • M. Rezki Andhika STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Marizah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Sonya Anggi Yani STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Dian Fahera STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Lia Indah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Fadhila Nurisma STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Cut Wirda Nilasari STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Ida Nisa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Aswandi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
Keywords: Gampong Gempa Raya, Pendidikan Dini, Kesadaran Pendidikan

Abstract

Rendahnya taraf hidup masyarakat pedesaan berdapak terhadap pendidikan genarasi penerus bangsa, dari statistik pendidikan dan pekerjaan masyarakat Gampong Gempa Raya Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat merupakan gampung yang meliki masalah terhadap pendidikan. Untuk itu tim pengandian kepada masyarakat STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran dini terhadap pendidikan di gampong tersebut. Daintara kegiatannya sebagai berikut, mengadakan Muhadharah di TPA, Mengadakan Les Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Mengadakan Les-Les Keagamaan. Dengan kegiatan-kegiatan pendidikan di atas dapat menumbuhkan kesadaran dini masyarakat Gampong Gempa Raya terhadapan pendidikan.

References

Adi Fahrudin. (2014). Pengantar Kesejahteraan Sosial, Refika Aditama. Bandung

Ramdani Wahyu Sururie dan Iir Abdul Haris (2016). Perspektif Baru Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Margono, S (1986). Metodologi Pengabdian pada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Published
2022-06-16
How to Cite
Andhika, M. R., Marizah, Anggi Yani, S., Fahera, D., Lia Indah, Nurisma, F., Wirda Nilasari, C., Nisa, I., & Aswandi. (2022). Menumbuhkan Kesadaran Dini Terhadap Pendidikan di Gampong Gempa Raya Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39-45. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i1.1060
Section
Articles