Belajar yang Menyenangkan Pada Kelas Paud di Gampong Alue Bakong Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat
Abstract
Aktifitas dunia pendidikan sekarang tidak hanya mengacu kepada usia sekolah dasar saja sebagai tingkat pendidikan awal, tetapi sekarang sudah lebih megarah kepada anak-anak usia dini. Dengan ini perhatian terhadap anak-anak usia dini sebagai langkah awal untuk memberikan dan memperkenalkan pembelajaran dasar dan awal yang disesuaikan dengan umur anak-anak usia dini maka kelas PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang diadakan mahasiswa di Gampong Alue Bakong sangat membantu masyarakat Gampong Alue Bakong. Dengan tujuan agar anak-anak usia dini di desa tersebut bisa diarahkan lebih awal untuk belajar dengan tidak mengenyampingkan dunia anak-anak, sehingga dalam proses pembelajaran yang diberikan dengan menggunakan konsep belajar sambil bermain dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membuat anak-anak gembira, serta tertarik untuk belajar. Setelah diadakannya kelas PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ini terlihat perobahan yang sangat positif. Salah satunya terlihat pada pengetahuan dan pemahaman anak terhadap pengenalan huruf, angka, doa harian, dan aktifitas motorik.
References
AEcT. 1986. Devinisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: PAU-UT dan C. V. Rajawali.
Anastasi, Anne. 1989. Bidang-Bidang Psikologi Terapan (Terjemahan Aryatmi Siswaharjo,dkk). Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Biggs, John B. & tlfer, Roos. 1987. The TheProses Of Learning. Sydney: Prentice-Hall Of Australia Pty Ltd.
Bloom, Benjamin S. , et. Al. . 1961, Evaluation to improve learning. New York: Inc. , Graw-hill Book Company Dabbagh, N. and Ritland. B. B, Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson, 2005
Dimyati, Mujiono, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbuddan Rineka Cipta
Hamdani MA. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: C. V Pustaka Setia.
Hisyam Zaini, Bernawy Munthe, sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi PembelajaranAktif. Yogkarta: CTSD.
Hurlock. 1996. Psikologi Perkembangan ( suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan). Jakarta: Erlangga.
Isjoni. 2007. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta. Kubicek, P. John. 2005. “Inquiri based learning, the nature of science, and computer technology:New possibilities in science education”. Canadian Journal of Learning and Technology. Vol 31 (1). Page : 1-5.
Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara. Mayer, R. E, Multi Media LearningPrinsip-Prinsip Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.
Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sadiman, 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Grafindo.
Ratna Wilis Dahar. 1989. Teorit-eori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Suke Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grafindo.
Syaiful Sagala. 2005. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: alfabeta.
W. gulo. 2008. Strategi Belajar-mengajar. Jakarta: Grafindo.
Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kharisma Putra Utama.