Efektivitas Pelayanan Prima Akademik dan Kemahasiswaan Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh
Abstract
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh dalam upaya memberi pelayanan Prima terhadap masyarakat atau sivitas Akademika sudah melaksanakan sesuai dengan 5 Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, Keteladanan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif, Adapun pendekatan yang digunakan dalam femenologi, yaitu suatu penelitian yang mengungkapkan kejadian dengan kondisi sebenarnya. Pelaksanaan prima pada pelayanan Akademik dan kemahasiswa STAIN Teungku DIrundeng Meulaboh dengan mengunakan Langkah-langkah pelayanan Prima belum sepenuhnya bisa dikatakan efektif dan efisien. Sedangkan faktor pendorong pelaksanaan layanan administrasi akademik adalah tersedianya SDM sesuai dengan kompetensinya, adapun faktor penghambat pelaksanaan layanan adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai sebagai pendukung sehingga bila dilihat dari segi waktu pelayanan kurang efektif dan kurang efisien.
References
Ahmad, Nur., dan Ainaini, Maksum. (2006). Analisis Kualitas Pelayanan pada Pasien Puskesmas di Surakarta, Empirika. Jurnal: Jurnal Penelitian Ekonomi, Bisnis dan Pembangunan, Vol. 19 No. 2.
Moleong, Lexy, J., 2003, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.Slamet, 2012, Pelayanan Akademik Mahasiswa, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 7, No. 2, Juli 2012
Kapogiannis, Georgios, T., 2008, Virtual Public Administration: Improving Public Administration Procedures through Project Management, Manchester: University of Salford.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara