Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Bidang Geografi di SMA Negeri 1 Banda Aceh

  • Mice Putri Afriyani Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia
  • Dar Kasih STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Cut Vita Rajiatul Jummi Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia
Keywords: Olimpiade Sains Nasional, Geografi

Abstract

Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. OSN diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sains sekaligus upaya untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air. Sasaran yang ingin di capai dalam pengabdian ini agar siswa mampu bersaing di tingkat Kabupaten/Kota, Nasional, maupun Internasional, Secara umum pelaksanaan kegiatan Pembinaan olimpiade di SMA Negeri 1 Banda Aceh berjalan dengan baik. Pembinaan ini dilaksanakan dalam bentuk tambahan pelajaran yang berlangsung sekali pada Bulan Juli sampai dengan Agustus tahun 2021 jam 15.00 WIB. Peserta kegiatan Pembinaan OSN di SMA Negeri 1 Banda Aceh  berjumlah tiga siswa terdiri dua orang kelas X (sepuluh) dan satu orang berasal dari kelas XI (sebelas). Pembinaan Olimpiade Sains ini telah mencapai tujuan yang diharapkan yaitu keberhasilan seorang siswa atas nama Azizil Mutaqim yang mampu melangkah ke tahap selanjutnya. Hasil dari kegiatan pembinaan Olimpiade Sains ini adalah tumbuhnya niat belajar pada pelajaran Sains dan menimbulkan niat berkompetisi untuk Olimpiade Sains tahun selanjutnya.

References

Anonymous (2003);”Pengembangan Penelitian Interdispliner di Perguruan Tinggi”. Proc. Seminar nasional Lembaga Penelitian, UGM, Yogyakarta.

Pusat Prestasi Nasional (2022). Pedoman Olimpiade Sains Nasional Tahun 2022 Jenjang SMA/MA. Jakarta

Pusat Prestasi Nasional (2013). Kisi-Kisi Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMA/MA. Jakarta

https://www.kalderanews.com/wp-content/uploads/2021/08/Prov.-Aceh.pdf

Published
2022-06-16
How to Cite
Putri Afriyani, M., Kasih, D., & Vita Rajiatul Jummi, C. (2022). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Bidang Geografi di SMA Negeri 1 Banda Aceh. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30-38. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i1.1050
Section
Articles