PENERAPAN METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS II DI SD NEGERI 1 SINGKOHOR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Kuswati UPTD SPF SD Negeri 1 Singkohor
  • Nur Rohman STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v5i1.5859

Kata Kunci:

pendidikan agama islam, metode storytelling

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II SD Negeri 1 Singkohor terhadap pesan pokok dalam Surah An-Nas melalui penerapan metode storytelling. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa akibat metode pembelajaran konvensional dan kurang minat belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 35 siswa kelas II SD Negeri 1 Singkohor. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi setelah penerapan metode storytelling, dengan persentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari 51,43% pada pra penelitian menjadi 77,14% pada siklus I dan 91,43% pada siklus II. Selain itu, aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dari cukup menjadi baik dan sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah metode storytelling efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan belajar siswa pada materi pesan pokok Surah An-Nas di kelas II SD

Referensi

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.
Harahap, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Mtsn Model Banda Aceh. Visipena, 4(2), 57–76.
Lestari, W., Kusumaningrum, S., Batu, P. N. L., & Puspitasari, L. (2018). Pengaruh Persepsi Atas Kompetensi Dosen Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Taruna Semester I Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta. Meteor Stip Marunda, 11(1), 18–30.
Mubarak, F. (2015). Faktor Dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Management Of Education, 1(1), 10–18.
Prasetyo, I. (2012). Teknik Analisis Data Dalam Research And Development. Jurusan Pls Fip Universitas Negeri Yogyakarta.
Sidiq Wahid, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Peserta Didik Kelas Viii Mts N 1 Pringsewu [Phd Thesis]. Uin Raden Intan Lampung.
Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2).

Diterbitkan

2025-09-06