UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BUNGO
DOI:
https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v5i1.5845Kata Kunci:
HAMBATAN MEMBACA, KELAS RENDAHAbstrak
Salah satu cabang ilmu yang paling awal dipelajari siswa ketika memasuki jenjang Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar adalah mengenal huruf dan membaca karena ilmu membaca adalah ilmu yang disetiap harinya manusia memakai ilmu tersebut. Tetapi, tak sedikit peserta didik mengalami kesulitan untuk memahami konsep dan cara membaca, meskipun terdapat beberapa siswa yang mampu mengenali cara membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja upaya pendidik untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran membaca pada materi sosialisasi alfabet dan membuat kalimat yang benar di kelas 3 MIN 3 Bungo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat lima upaya yang dilakukan pengajar untuk mengatasi kesulitan peserta didik, meliputi: (1) memastikan kesiapan siswa untuk belajar bahasa Indonesia; (2) pemakaian media atau alat peraga yang konkrit dan relevan dengan materi ajar; (3) memberi soal sesuai dengan kemampuan berfikir dan tingkat kelas siswa (4) guru memberi kebebasan peserta didik buat belajar serta menuntaskan soal menggunakan cara mereka masing-masing serta (5) melakukan pendekatan untuk menghilangkan rasa takut siswa. Melalui upaya tersebut kesulitan siswa pada belajar membaca bisa ditangani dengan baik, sebagai akibatnya siswa akan semakin berkembang serta mampu membaca denga baik.
Referensi
Sekolah Dasar. 20-27.
Asmaniah, d. (2024). Strategi Guru Mengtasi Kesulitan Membaca dan Menulis di Sekolah DasarAlami Diriyorejo Gresiki. 2187-2195.
Cahaya Prasistya Nuraini, d. (2024). Problematika Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas Rendah:Peranguru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca. 1249-1257.
Faudi Nur, (2022). Upaya Guru Di Sekolah Dasar. 12
Fitrisyahran, J. (2023). Peran dan Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa SD Kelas Rendah. 323-375.
Ga Riwu Enjelik Erlin Novelia, d. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Lancar Di SD Sabu Barat. 2-79.
Handayani. (2025). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa SD. 337-350.
Hendrayani, A. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca dan Dampak terhadap Perkembangan Prestasi Siswa Kelas IV-VI SDN 104255 Pantai Labu. 76-111.
Irdawati, d. (2024). Meningkatkan Kemampuan MembacaPermulaan Dengan menggunakan Media gambar Kelas 1di Min Buol. 1-14.
Nining, H. d. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. 876-927.
Sari, N. P. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas 1 SDIT Al Murhamah Kampung Dalam Pariaman. 1-93.
Setiadi, T. (2024). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis Dan Berhitung Pada Siswa Kelas1. 14753-14762.
Sinta Citra Setyastuti, d. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1SDN 1 Manggung Karangdowo,Klaten . 3-123.
Wiwikanda Sasi Kirana Sugi, d. (2024). Peran Guru Terhadap Keterampilan Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Peserta Didik Sekolah Dasar. 50-59.
Wardayati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. 547-590.
Zulfi Idayant, d. (2024). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar. 476-597.