STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Farah Hilmy Dwijayanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v5i1.3875

Kata Kunci:

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran IPAS, Sekolah dasar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS di SD UMP. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Kualitatif fenomenologi menjadi jenis pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menemukan hal-hal, yakni strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS sudah dilakukan dengan hakikatnya, baik dari strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya peran penting dari kepala sekolah dan guru dalam mengupayakan strategi pembelajaran berdiferensiasi ini dapat berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan.

Peneliti dapat menarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS ini dimulai dari tahap perencanaan dengan pemetaan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnostik yang dijadikan dasar untuk guru untuk mendesain pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk modul ajar. Selanjutnya, guru pada strategi pelaksanaannya meliputi diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Diferensiasi disini bukan berarti guru membedakan keseluruhan pembelajaran per setiap siswa, namun diferensiasi disini berarti guru mampu membuat rancangan pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar siswa dan siswa merasa nyaman dalam pembelajaran. Adapun strategi evaluasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan LKPD maupun soal tes. Pemberian umpan balik juga dilakukan guna dijadikan bahan refleksi dan evaluasi bagi guru untuk merancang pembelajaran selanjutnya.

Referensi

Ahmad Rijali. (2018). Analisis Data Kualitatif , 17 (33), 82-95

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education and Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193.

Arfani, L. (2016). Mengurah Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran.
Jurnal PPKn & Hukum.

Augina, A & Pura, J. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).

Bararah, I. (2022). Fungsi Metode terhadap Pencapaian Tujuan dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(1), 143. \
Dyaning Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2100–2112.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175.

Febrianti, M., & Dafit, F. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV UPT SD Negeri 005 Hangtuah Kabupaten Kampar. Social Science Academic, 1(2), 99–116.

Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.

Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada.

Hadisaputra, P. (2020). Penelitian kualitatif. Lombok: Holistica

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan.

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Elektronik), 6(2), 68–79.

Kiki Yestiani, D., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1).

Kusmiati, A., Sauri, S., & Helmawati, H. (2022). Manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(07), 672-682.

Marlina, I., & Aini, F. Q. (2023). Perbedaan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan dengan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 392–404.

Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu Jurnal Pendidikan IPA: Vol. VI (Issue 1).
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100.

Nur Umaimah, V., & Trihantoyo, S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Supervisi Akademik di SDN Sumur Welut 3/440 Surabaya. Edu Leaening, 1(1), 1–9.

Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 06(01), 1798–1805.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal FIP PGSD Unimed, 13(1), 16.

Sholeh, M., & Aini, N. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Media Card Sort Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5, 1686–1692

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif asesmen autentik sebagai alat evaluasi dalam merdeka belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53-61.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarto, S. (2018). Pengembangan sikap keberagamaan peserta didik. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 21-42.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Wulan Sari, S., Fita Asri Untari, M., Haryati, T., Adi Saputro, S., Profesi Guru Prajabatan, P., PGRI Semarang, U., & Pandeanlamper, S. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V untuk Menentukan Pembelajaran Berdiferensiasi (Vol. 7).

Yantoro. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas yang Efektif dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592.

Zain, M. (2017). Pengembangan Strategi Pembelajaran dan Pemilihan Bahan Ajar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, VI(1), 172–178

Diterbitkan

2025-09-06