Peran media pembeljaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS MI/SD

  • enjel enjel Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
Keywords: learning, audio-visual, minat belajar, pelajaran IPS

Abstract

The purpose of this study was to determine the role of audiovisual learning media in increasing students' interest in learning social studies at SD/MI. This type of research is a qualitative research using a descriptive form. How to collect data using observation, interviews or questions and answers and documentation. Teachers and students of class VI are the subjects of this study. From the data analysis it was found that students' interest in learning increased by using audio-visual learning media. Students' interest in learning increased more than when they only used the lecture method.

References

Ahmad, Y. A. H. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI (Doctoral dissertation,
Ais, M. U. C. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD/MI (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Azhar Arsyad, “Media Pembelajaran”, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005
Handayani, T. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung.
Lakari, F. (2021). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 1 POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW (Doctoral dissertation, IAIN MANADO).
Suhaemi, A., Asih, E. T., & Handayani, F. (2020). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar ips sd. Jurnal Holistika, 4(1), 36-45.UIN Raden Intan Lampung).
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53-68.
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 28-35.
Sarlin, M., & Mursid, K. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JAMBURA Elementary Education Journal, 1(1), 1-13.
Ariyani, Intan Sari Ramdhani, Sumiyani (2020). Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, Vol. 3, No. 2, hlm. 365-366.
Lia Pradilasari, Abdul Gani, dan Ibnu Khaidun (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motvasi dan Hasil Belajar Peserta didik SMA. Indonesian Journal of Science Education, Vol. 7, No. 1, hlm. 10.
Fitriyanti, N. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Al-Khairiyah Jakarta Barat (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34-48.
Sidi, Jatmiko dan Mukminan. (2016). “Penggunaan Media AudioVisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SMP”. Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Vol. 15. No. 1.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup.
Rahmi, Lucyana., dan Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Education and development. Vol. 9. No. 3.
Pradilasari, Lia., Abdul Gani, dan Ibnu Khaidun. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan MotVasi dan Hasil Belajar Peserta didik SMA”. Indonesian Journal of Science Education. Vol. 7. No. 1.
Kusumadewi, Eka Safitri. (2011). Penggunaaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di SDN Pondok Pinang 012 Pagi. Jakarta : (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Halimah, Nur. (2019). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Sabang (UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh ).
Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animaker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6630-6637.
Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158-164.
Sari, A. M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN YANG TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN DI KELAS IV SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Setyawan, D., & Riadin, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-9
Riangtati, A. D., & Achmad, W. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Program Macromedia Flash pada Mata Pelajaran IPS Sejarah di SD INPRES Sudiang Kota Makassar. Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah, 20(1), 37-45.
Burhannudin, N. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
SAKINA, A. PENERAPAN MEDIA PICTURE BERBANTU AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN 192 AWOTA KABUPATEN WAJO.
AYU, L. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TIPE SOSIODRAMA BERBANTU AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VI DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
WAHYUNI, S. Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sidoluhur 02 Jaken Pati Tahun Ajaran 2020/2021.



Arsyad, Azhar, 2014, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta. Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Tamara, N. M. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(1), 131-141.
UNTARI, T. T. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI MI TERPADU MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Fransiska, F. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 39 TALANG BARU KABUPATEN LEBONG (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Suryani, Nunuk. Dkk.2018. media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mashannudin, M. (2020). PENERAPAN METODE DEMONTRASI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PRESTASI BELAJAR. JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 10(1), 93- 100.
Octaviani, L. Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa Kelas IV MI AL-Mursyidiyyah Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Published
2023-06-30