PENGEMBANGAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM KARAKTER NURUL QUR’AN

  • M Khatami Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pendidikan, Pengembangan Karakter, Karakter Islami

Abstract

Pendidikan karakter merupakan fokus utama yang ingin dikembangkan di sekolah SDIK Nurul Qur’an, itu terlihat dari program-program yang mengutamakan pengembangan karakter  siswa, adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif  dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang peneliti dapatkan dalam penelitian ini yaitu pengembangan karakter di SDIK Nurul Qur’an memiliki beberapa program khusus seperti yang namanya BIMTER (Bimbingan Karakter) dalam program ini siswa dibentuk karakternya dengan berbagai macam kegiatan baik itu seperti latihan pidato, menghafal Al Qur’an, menghafal Hadist, shalat dhuha dan lainnya, tujuannya agar dapat diaplikasikan oleh siswa-siswi dalam kehidupannya sehari-hari. Sekolah SDIK Nurul Qur’an juga mempunyai  badan penggerak yang dibentuk dari siswa-siswi yang diberi nama LKPD (laskar penggerak karakter dahsyat) tugasnya mengamati dan mengawasi setiap siswa-siswi agar berjalannya program pengembangan karakter dengan baik. SDIK Nurul Qur’an memiliki slogan yang diberi nama Karakter DAHSYAT, ini merupakan  singkatan dari Disiplin, Amanah, Harmonis, Santun, Yakin, Aktif, Terampil & berprestasi. Dalam hal ini, pengembangan karakter di SDIK Nurul Qur’an bisa menjadi sebuah acuan bagi sekolah lain untuk meningkatkan pendidikan karakter.

Published
2022-06-30
Section
Articles