TINGKAT KONSUMSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

  • Nina Eka Putri STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Mukhsinuddin STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Firda Maya Devi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: tingkat konsumsi, pelayanan perbankan, mobile banking

Abstract

Masyarakat di Kecamatan Kuala sekarang ini memiliki dua pilihan mobile banking yaitu aplikasi Action bank Aceh dan mobile banking bank BSI. Banyak masyarakat Kecamatan Kuala menggunakan layanan mobile banking, padahal masyarakat Kecamatan Kuala sangat dekat posisinya dengan gedung bank maupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Untuk itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan mobile banking terhadap tingkat konsumsi masyarakat Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik sampel random sampling teknik sebanyak 50 orang dari jumlah masyarakat yang ada di Kecamatan Kuala. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dan dokumentasi serta dianalisis dengan Regresi Sederhana. Dari penelitian menunjukkan bahwa mobile banking merupakan fasilitas pelayanan perbankan yang disediakan oleh bank kepada nasabah dalam melakukan transaksi perbankan dengan mudah. Masyarakat Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya banyak menggunakan layanan mobile banking, dipengaruhi oleh faktor kemudahan yang didapatkan oleh nasabah karena dapat dilakukan kapanpun, dimanapun dan tidak perlu antri ke bank. Kemudahan dalam bertransaksi melalui Mobile banking mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat konsumsi masyarakat Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Karena kemudahan menggunakan layanan Mobile banking mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi seperti pembelian, tranfer dan pembayaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 atau lebih kecil dari probabilitas 0,05, selain itu nilai thitung pada tabel di atas sebesar 4,922 atau lebih besar dari ttabel 1,67655. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siginfikan antara penggunaan Mobile banking terhadap tingkat konsumsi masyarakat Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, dimana pengaruhnya sebanyak 33,5%.

References

A.M, Sardiman. (2000).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Abbas, Afifi Fauzi. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum.
Aini, Ihdi, dkk, Analisis Minat Mahasiswa dalam Menggunakan Mobile banking, Skripsi IAIN Padangsidimpuan.
Antonio, Muhammad Syafii. (2011).Islamic Banking: Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Aplikasi Luring Resmi Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Bahasa Indonesa, Edisi Lima.
Djafri, Novianty. (2018). Manajemen Pelayanan (Berbasis Revolusi Mental). Gorontalo: Ideas Publishing.
Hadi, Syamsul. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile banking, (Universitas Islam Indonesia).
Hasan, Nurul Ichsan. (2014). Pengantar Perbankan Syariah. Ciputat: Referensi (GP Press Group).
Imelda, Sri. (2017). Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Loyalitas Nasabah Pada Bank Bri Unit Veteran Banjarmasin, Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 2.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Iriani, Annisa Fitri. (2018). Minat Nasabah dalam Penggunaan Mobile banking pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussines, Vol. 2, No. 2.
Ismail. (2016). Perbankan Syariah. Jakarta: Kecana Group.
Karim, Adiwarman A.. (2010). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Koentjaraningrat. (1997). Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahdi, Khairy, (online), Pengertian Internet Banking, dalam http://elektronikbanking. Blogspot.com/ 2012/08/pengertian-internet-banking_27.html?m=1.
Nurdin, Ridwan. (2010). Akad-Akad Fiqih pada Perbankan SyariahDi Indonesia: Sejarah, Konsep dan Perkembangannya. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.
Permatasari, Rizka Ayu. (2019). Minat Penggunaan Internet Banking dan Mobile banking Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah. Skripsi IAIN Metro.
Pertiwi, Fita dan Vidya Vitta Adhiviana, (Artikel) Pengaruh Risiko, Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking di Yogyakarta (Studi Kasus Pada Nasabah bank Mandiri.
Putri, Dwika Lodia dan Souvya Fithrie, Pengaruh Risiko, Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepercayaan Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking di Pekanbaru (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Mandiri), Jurnal: Ikraith Ekonomika, Vol 2, No 2, 2019.
Rahayu, Imam Sugih, Minat Nasabah Menggunakan Mobile banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta), Dalam Jurnal JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) Volume V, No.2 Desember 2015.
Redaksi OJK, OJK Terbitkan Panduan Digital Banking, Diakses melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id, Tanggal 17 Januari 2023.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2017.
Supriyono, Maryanto, Manajemen Bisnis Perbankan, Yogyakarta: Andi Ofset, 2010.
Syam, Mohammad Noor, Filsafat Kependidikan dan Dasar Filsafat Kependidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 2006.
Undang-undang Perbankan No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan.
W., Yudhi, dkk, Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile banking (M-Banking): Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB), dalam Jurnal Informasi Volume VII No.1, 2015.
Walfajri, Maizal, BI Catat Transaksi Mobile banking Tembus Rp. 3.888.09 Triliun hingga Mei 2022, berita tanggal 11 Agustus 2022, Diakses melalui https://keuangan.kontan.co.id, Tanggal 17 Januari 2023.
Wulandari, Novitasari Putri, dkk., Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Layanan Mobile banking di Bandung, Dalam Jurnal Bisnis dan Iptek, Vol 10 No 2 Oktober 2017.
Published
2023-08-01
Section
Articles