MODERNISASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Lenawati Asry Fakultas Teknik, Universitas Gajah Putih, Takengon

Abstract

Modernisasi bukanlah sesuatu hal yang substansial untuk  ditentang kalau masih mengacu pada ajaran Islam. Sebab Islam adalah  agama universal yang tidak akan membelenggu manusia untuk  bersikap maju, akan tetapi harus berpedoman kepada Islam. Dalam  Islam yang tidak dibenarkan adalah Westernisasi, yaitu  total way of  life di mana faktor yang paling menonjol adalah sekularisme, sebab  sekulraisme selalu berkaitan dengan ateisme dan sekularisme itulah  sumber segala imoralitas. Inti dari modernisasi yang kemudian menjadi esensial dan sejalan dengan ajaran agama Islam adalah  rasionalisasi yakni usaha untuk menundukkan segala tingkah laku  kepada kalkulasi dan pertimbangan akal. Rasionalisasi pada  selanjutnya akan mendorong ummat Islam untuk bisa bersikap kritis dan meninggalkan taqlid yang dikecam dalam Islam. Dengan  demikian, pada dasarnya modernisasi bukanlah sebuah esensi yang  bertentangan dengan ajaran dasar agama Islam.

Published
2019-12-30
How to Cite
ASRY, Lenawati. MODERNISASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, [S.l.], p. 126 - 136, dec. 2019. ISSN 2620-3359. Available at: <http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tanzir/article/view/292>. Date accessed: 06 june 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.