TRANSFORMASI AKTIVITAS DAN EFEKTIVITAS DAKWAH ACEH PASCA GAM DAN SESUDAH KEMERDEKAAN

  • Jon Santri Magister UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Abstract

Pasca perdamain Aceh yang terjadi pada 15 Agustus 2005 silam, mampu melepaskan masyarakat dari belenggu penderitaan. Perdamaian tersebut juga sudah merubah berbagai kebiasaan dan aktivitas-aktivitas masyarakat, salah satu dari pergesekan adalah lahirnya sebuah transformasi baru pada aktivitas dan efektivitas dakwah. Tulisan ini akan mengkaji tentang sebuah transformasi aktivitas dan efektivitas dakwah di Aceh yang terjadi pada pasca konflik dan fase kemerdekaan. Dengan menggunakan metode deskriptif analisis, penulis berupaya menganalisis aktivitas dakwah yang terjadi di Aceh pada fase tersebut. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa transformasi dan perbedaan yang menonjol pada aktivitas dakwah tersebut terdapat pada kedudukan dakwah itu sendiri. Sementara pada efektivitasnya terdapat perbedaan pada efek-efek dakwah tersebut. Transformasi tersebut mampu melahirkan berbagai efek-efek tertentu, sehingga masyarakat Aceh menjadikan dakwah sebagai urgensi dalam setiap sendi kehidupan mereka.

Published
2019-12-30
How to Cite
SANTRI, Jon. TRANSFORMASI AKTIVITAS DAN EFEKTIVITAS DAKWAH ACEH PASCA GAM DAN SESUDAH KEMERDEKAAN. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, [S.l.], p. 102 - 114, dec. 2019. ISSN 2620-3359. Available at: <http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tanzir/article/view/290>. Date accessed: 06 june 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.