TRANSFORMASI AKTIVITAS DAN EFEKTIVITAS DAKWAH DI ACEH PASCA GAM DAN SESUDAH KEMERDEKAAN

  • Jon Santri Program Magister UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Keywords: Transformasi, Aktivitas, Efektifitas, Dakwah, Masyarakat Aceh

Abstract

Pasca perdamain Aceh yang terjadi pada 15 Agustus 2005 silam, mampu melepaskan masyarakat dari belenggu penderitaan. Perdamaian tersebut juga sudah merubah berbagai kebiasaan dan aktivitas-aktivitas masyarakat, salah satu dari pergesekan adalah lahirnya sebuah transformasi baru pada aktivitas dan efektivitas dakwah. Tulisan ini akan mengkaji tentang sebuah transformasi aktivitas dan efektivitas dakwah di Aceh yang terjadi pada pasca konflik dan fase kemerdekaan. Dengan menggunakan metode deskriptif analisis, penulis berupaya menganalisis aktivitas dakwah yang terjadi di Aceh pada fase tersebut. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa transformasi dan perbedaan yang menonjol pada aktivitas dakwah tersebut terdapat pada kedudukan dakwah itu sendiri. Sementara pada efektivitasnya terdapat perbedaan pada efek-efek dakwah tersebut. Transformasi tersebut mampu melahirkan berbagai efek-efek tertentu, sehingga masyarakat Aceh menjadikan dakwah sebagai urgensi dalam setiap sendi kehidupan mereka.

References

Buku

Aziz A.M. Ilmu Dakwah, Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2004.

Hadi, Amirul. ACEH, Sejarah, Budaya dan Tradisi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obral Indonesia. 2010.

Husanin, Ibrahim, dkk. Da’wah Islamiyah, Terhemahan Ad-Da’watu Al-islamiyah Wal-I’lamu Ad-Din, Karangan Abdulla Syihata. Jakarta : Depertemen Agama RI. 1986.

Kholili. Komunikasi untuk Dakwah, Suatu Pengantar, Yogyakarta: Amanah. 2009.

Majyudin, Asep. dkk. Kajian Dakwah Multiperspektif, (Teori, Metodologi, Problem dan Aplikasi). Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati bekerjasama dengan PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Zain, Muhammad. Kamus Umum Bahasa Indonesi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1996.

Jurnal

Kurnia Jayanti. “Konflik Vertikal Antara Gerakan Aceh Merdeka Di Aceh Dengan Pemerintah Pusat Di Jakarta Tahun 1976-2005” Al-Turas XIX, no. 1, 2013.

Sami’an Hadisaputra. “Problematika Komunikasi Dakwah Dan Hambatannya (Prespektif Teoritis Dan Fenomenologis),” Adzikra 03, no.1. 2012.

Documen lainnya

Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pembinaan Dan Perlindungan Aqidah

Internet

http://www.kbbi.co.id

http://www.google.com/amp/s/kbbi.web.id/ aktivitas.html (Diakses pada 10 Desember 2019)

www.tirto.ac.id

http://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/teungku-bantaqiah-dan-para-santri-dibunuh-militer-czdP (Diakses pada, Sabtu 21 Desember 2019)

https://ditpdpontren.kemenag.go.id

https://ditpdpontren.kemenag.go.id/ pdp p/statistik?id=11 (Diakses pada 10 Desember 2019)

Published
2019-12-30
Section
Articles