Program Sekolah Lansia Flamboyan dalam Membentuk Kemandirian Lansia di Desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon

  • Mutia Tisfah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Suryadi Suryadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Turasih Turasih Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Alfian Febriyanto Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Nurlaili Khikmawati Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Kemandirian Lansia, Program Sekolah Lansia Flamboyan, Desa Matangaji, Ikatan Ramah Lansia (IRL)

Abstract

Indonesia sedang menghadapi fenomena penuaan penduduk yang ditandai dengan meningkatnya jumlah lanjut usia (lansia), termasuk di wilayah Jawa Barat khususnya Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon mencatat sebanyak 517 jiwa lanjut usia (lansia) pada tahun 2023, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam populasi lansia. Kenaikan jumlah tersebut berdampak pada munculnya berbagai permasalahan, seperti penurunan kondisi fisik, gangguan kesehatan kronis, serta keterbatasan dalam beraktivitas sosial. Minimnya peran serta keluarga dalam mendampingi lansia dan terbatasnya akses terhadap layanan kesehatan turut memperburuk kondisi mereka. Sebagai respons, Pemerintah Desa Matangaji bersama Ikatan Ramah Lansia (IRL) menginisiasi Program Sekolah Lansia Flamboyan untuk memberdayakan lansia agar hidup mandiri, sehat, dan aktif. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif metode fenomenologi dengan informan lima pengelola dan enam lansia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan program ini berjalan melalui tiga tahap: pembentukan, persiapan, dan pelaksanaan. Terdapat faktor pendukung dan penghambat, namun program berhasil membentuk kemandirian lansia dalam empat dimensi: fisik, intelektual, emosional, dan sosial. Program ini terbukti efektif sebagai intervensi komunitas dan berpotensi diterapkan di wilayah lain dengan tantangan serupa yaitu dalam hal permasalahan penuaan penduduk.

References

Adi, I. R. (2012). Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. . Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Al Maraghi, A. M. (1974). Tafsir Al-Maraghiy (Jilid X). Beirut : Dar Al-Fikr.

Arumsari, A., Hardjono, & Agustin, R. W. (2016). Perbedaan Tingkat Kemandirian Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua pada Siswa Kelas IX SMP Islam Al Abidin Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 5(1).

Ayuningtyas, N. R., Mawarni, A., Agushybana, F., & Nugroho, R. D. (2020). Gambaran Kemandirian Lanjut Usia Activity Daily di Wilayah Kerja Puskesmas Pegandan Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2014). Buku Pegangan Kader BKL Lansia Tangguh .

Badan Pusat Statistik. (2023). STATISTIK PENDUDUK LANJUT USIA 2023 (Vol. 20). Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Data Jumlah Penduduk Lansia. Databoks.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2023). Profil Penduduk Lanjut Usia Provinsi Jawa Barat 2023. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat.

Cresswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. Sage Publication.

Cresswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Apporoaches. Sage Publication Inc.

Cresswell, J. W. (2013). Research Design: (Edisi ke iga). Pustaka Pelajar.

Departemen Agama RI. (2006). Al-Qur’an dan Terjemahan Bahasa Indonesia Ayat Pojok. Menara Kudus.

Direktorat Bina Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan. (2021). Buku Panduan Sekolah Lansia di Kelompok BKL. BKKBN.

Erwanto, R., Kurniasih, D. E., & Amigo, T. A. E. (2020). Pengembangan Dusun Ramah Lansia Melalui Pelaksanaan Sekolah Lansia di Karet Kabupaten Bantul. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(6).

Hakim, A. R., Al-Adib, S. A., Zaini, M., Nur, N., Fajariyah, & Fatwa, M. F. (1997). Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim. Insan Kamil.

Hartanti, L. N., & Aryani, L. (2022). Implementasi Program Kartu Lansia Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lansia oleh Dinas Sosial DKI Jakarta Tahun 2021. IJPP : The Indonesian Journal of Politics and Policy, 4(2).

Hudson, D. S., Cantrell, D. L. (aim), N., Nelson, Tonack, D., de, O. D. R., & Greenlee, D. (2015). Research Design .

Hurlock, & Elizabeth, B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Istiwidayanti dan Soedjarwo, Ed.). Erlangga.

Ihromi. (2004). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia.

John W. Creswell. (2017). Reserarch Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Belajar.

Magdalena, N., Meythi, M., Veronica, M. S., Martusa, R., Tjahyadi, R. A., Widjaja, J. H., Gunawan, I., Budiningsih, T., Susan, M., Wardoyo, S., Nur, N., Alyssa, C. T., Tjndra, G., Anjelika, E., & Dava, R. (2023). Identifikasi Kebutuhan dalam Rangka Pembentukan Lansia Mandiri. Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2).

Manurung, P. A. (2024). Upaya Program Sekolah Lansia DalamMeningkatkan Kesejahteraan Lansia (Studi Sekolah Lansia Selaras DesaTandem Hulu II). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Juispol), 4(1).

Mappiare, & Andi. (1983). Psikologi Orang Dewasa bagi Penyesuaian dan Pendidikan. Usaha Nasional.

Masnah. (2024). Upaya Mewujudkan Lansia Tangguh Melalui Bina Keluarga Lansia (Studi Deskriptif di BKL Kecubung). Golantang Menua Pasti, Sejahtera Itu Pilihan.

Maulida, H., Setianto, B., & Hotimah, N. (2023). Evaluasi Program Sekolah Lansia Tangguh Melalui Analisis SWOT di BKKBN Provinsi Jawa Timur. Jurnal Adijaya Multidisiplin, 1(5).

Pangestuti, B. (2019). Upaya Mewujudkan Lansia Tangguh Melalui Bina Keluarga Lansia (Studi Deskriptif di BKL Kecubung). . Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2).

Pratiwi, D. S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia Dalam Kemandirian Melalui Posyandu Lansia Lestari di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2020. Universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, P., Indrianti, D. T., & Alkornia, S. (2021). Kemandirian Masyarakat Lanjut Usia Melalui Kampung Lanjut Usia. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 14–18.

Risfi, S., & Hasneli. (2024). Kemandirian Pada Usia Lanjut. Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb, 10(2).

Suryadi, Kamil, M., Saepudin, A., Saripah, I., Yusmanto, & Hardiyanto, W. (2023). Model Pembelajaran bagi Lansia pada Pondok Pesantren di Indonesia . Journal on Education, 5(4).

Tiara, D. S. A., Tin, H., & Istiwlaliyah, M. (2024). Pengaruh Fungsi Keluarga, Dukungan Sosial, dan Beban Perawatan terhadap Ketahanan Keluarga yang Tinggal Bersama Lansia

Widiyawati, W., & Sari. (2020). Keperawatan Gerontik (cetakan I). Literasi Nusantara.

Widyaningsih, D. S., Sugiarti, S., Erwanto, R., Kurniasih, D. E., & Amigo, E. (2022). Pegelolaan Well-Being Lansia Melalui Program Integrasi Sekolah Lansia. Jurnal Buletik Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan (BIKK) , 1(2).

Wijaya, M., Pratomo, B., Citta, A. B., & Efendi, S. (2025). Metodologi Penelitian: Kombinasi Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methods. PT. Media Penerbit Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 1988 tentang kesejahteraan Lanjut Usia.

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentanng Upaya kesejahteraan sosial lanjut usia.

Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan (Stranas Kelanjutusiaan).

www.bpkp.go.id di akses pada 20 September 2024

https://radarsemarang.jawapos.com diakses pada tanggal 25 September 2024

https://keltlogomas.malangkota.go.id diakses pada tanggal 25 September 2024

https://databoks.katadata.co.id/ diakses pada tanggal 30 Oktober 2024

https://ramahlansia.org/ diakses pada tanggal 17 Februari 2025

Published
2025-06-18
How to Cite
Tisfah, M., Suryadi, S., Turasih, T., Febriyanto, A., & Khikmawati, N. (2025). Program Sekolah Lansia Flamboyan dalam Membentuk Kemandirian Lansia di Desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. AL-UKHWAH - JURNAL PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM, 4(1), 13-28. https://doi.org/10.47498/jau.v4i1.5203
Section
Articles