Peran Literasi Digital dalam Dakwah Berbasis Al-Qur’an: Implementasi dan Tantangan di Media Sosial

  • Marlenda Marlenda Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Indonesia
  • Bashori Bashori Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Indonesia
Keywords: Literasi Digital, Dakwah, Al-Qur'an, Media Sosial

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membuka ruang baru bagi aktivitas dakwah, khususnya melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran literasi digital dalam mendukung efektivitas dakwah berbasis Al-Qur’an di media sosial, serta mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh para dai dan konten kreator muslim. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara dengan pelaku dakwah digital, dan analisis konten dakwah di berbagai platform seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki peran penting dalam membentuk strategi dakwah yang kontekstual, menarik, dan sesuai dengan nilai-nilai Al-Qur’an. Namun, tantangan seperti misinformasi, keterbatasan pemahaman teknologi, serta potensi komersialisasi dakwah menjadi hambatan yang signifikan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan literasi digital bagi para pendakwah agar dapat menyampaikan pesan-pesan Al-Qur’an secara efektif dan bertanggung jawab di era digital

References

Abdurrahman, A., Santoso, B., & Sos, S. (2024). Konten Animasi Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Akun Instagram@ taarts_gram Januari–Maret 2023) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Afifi, S. (2022). Dakwah Undisrupted: Resiliensi Komunikasi Dakwah di Era Pandemi. UII Press.

Ajie Febrizky Akbar, A. (2025). Representasi Citra Politik Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden Indonesia Pada Pilpres 2024 Di Tiktok (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Alfani, M., & Anwar, L. (2024). Kontekstualisasi Hadis Dalam Era Digital: Retorika Dan Otoritas Keagamaan Influencer Dakwah Di Media Sosial. Universum, 18(2). https://doi.org/10.30762/universum.v18i2.2611.

Hakim, F., & Harapandi Dahri. (2025). Islam di Media Sosial sebagai Komodifikasi dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 187–206. https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1813

Haluti, F., Judijanto, L., Apriyanto, A., Hamadi, H. H., Bawa, D. L., & Kalip, K. (2025). Moderasi Beragama: Menciptakan Suasana Kondusif Keberagaman Agama di Indonesia. PT. Green Pustaka Indonesia.

Hasanah, R., & Sos, M. (2025). Revitalisasi Dakwah dalam Era Pop Culture Pada Gen Z. Surabaya: Pena Cendekia Pustaka.

Hasanah, Risqiatul (2025), Dakwah Multimedia, Pamekasan: Alifba Media

Hasjimi, A, (1994), “Dustur Dakwah dalam Al-Qur’an,” Jakarta: Bulan Bintang

Iskandar, H. (2018). Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri (AIS) Banyuwangi Melalui Literasi Digital Santri. UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Khamim, M. (2022). Transformasi Dakwah: Urgensi Dakwah Digital di Tengah Pandemi Covid-19. An Nur: Jurnal Studi Islam, 14(1), 25-43. https://doi.org/10.37252/annur.v14i1.230

Maharani, A. S., & Surahman, C. (2025). Efektivitas Aplikasi Tiktok sebagai Media Sosial dalam Penyebaran Dakwah Islam di Era Digital. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(3), 01-07. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.2781

Mahfuz, Syekh Ali, t.t. “Hidayah Al Mursyidin ila Thuruq al-Wa’adzi Wa Al Khitabah,” Beirut: Dar Al Ma’rifah.

Manik dkk (2025). Fragmentasi Makna Hadis Dalam Konten Dakwah Media Sosial: Studi Kritis Terhadap Pesan Keislaman Di Tiktok. Jurnal Syiar-Syiar, 5(1), 104-121. https://doi.org/10.36490/syiar.v5i1.1778

Marzuki dkk, Literasi Digital: Sumber Paham Keagamaan Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’An Di Ptiq Jakarta. (2020). Penamas, 33(1), 77-94. https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.381

Munir, M dan Wahyu Ilahi. (2015), “Manajemen Dakwah,” Jakarta: Kencana.

Nurulita, N. (2021). Penyuluhan agama di era digital. Bandung, Lekkas.

Qodriyah, S. L. (2021). Youtube sebagai Media Dakwah di Era Milenial (Channel Nussa Official). Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (Jasika), 1(2). https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.14

Raharjo, N. P., Kom, S., & Kom, M. I. (2024). Literasi Digital Dakwah: Pedoman dalam Melakukan Dakwah di Era Digital. Pasuruan; Basya Media Utama.

Raihani, F., Kamilul, I., & Farhan, M. (2025). Dakwah Digital Dan Perubahan Sosial Anak Muda: Ustad Hanan Attaki Di Media Sosial. Nashr Al-Islam: Jurnal Kajian Literatur Islam, 7(2).

Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Quran: Tafsir tematik atas pelbagai persoalan umat. Bandung: Mizan Pustaka.

Sirajuddin, S. (2020). Buku Literasi Moderasi Beragama Di Indonesia. Bengkulu: Penerbit. Zigie Utama.

Syabibi, M. R. (2020). “Diskursus Pribumisasi Islam Di Ruang Publik: Dakwah Abdurrahman Wahid Perspektif Tindakan Komunikatif Jurgen Habermas. Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Uyuni, B. (2023). Media dakwah era digital. Jakarta: Penerbit Assofa.

Wijaya, M., Pratomo, B., Citta, A. B., & Efendi, S. (2025). Metodologi Penelitian: Kombinasi Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methods. PT. Media Penerbit Indonesia.

Yuwafik, Muhammad Hamdan dkk (2025). Kontroversi Komersialisasi Dakwah: Perspektif Dakwah Profetik. Jdariscomb: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 41–55. https://doi.org/10.30739/jdariscomb.v5i1.3696

Zuhri, A. M. (2021). Beragama di Ruang Digital; Konfigurasi Ideologi dan Ekspresi Keberagamaan Masyarakat Virtual. Lamongan: Nawa Litera Publishing.

Zulaecha, N. N., Hafidz, H., Pertiwi, B. N. O., & Nashihin, H. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Dakwah Digital Dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial Di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 534-547. DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v5i2.763

Published
2025-06-10
How to Cite
Marlenda, M., & Bashori, B. (2025). Peran Literasi Digital dalam Dakwah Berbasis Al-Qur’an: Implementasi dan Tantangan di Media Sosial. AL-UKHWAH - JURNAL PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.47498/jau.v4i1.5131
Section
Articles