PEER REVIEW PROCESS

Semua naskah yang diterbitkan melalui Jurnal At-Tanzir harus melalui proses peer-review oleh pakar-pakar di bidangnya. Redaksi menerapkan sistem blind peer review di mana pihak reviewer dan penulis dibuat tetap anonim (identitas peninjau dan penulis disembunyikan). Editor menentukan minimal 2 reviewer di bidang yang sesuai untuk memeriksa dan menilai setiap naskah yang masuk dari penulis.
 
Terkait proses review yaitu, naskah yang dikirimkan pertama akan menjalani proses seleksi dan penilaian oleh Dewan Redaksi untuk memastikan kesesuaiannya dengan pedoman penulisan, fokus, dan ruang lingkup, serta memiliki kualitas akademik yang sangat baik. Jika tidak memenuhi syarat, penulis diberi kesempatan untuk merevisi naskahnya sesuai kriteria yang diberikan. Namun, ada juga kemungkinan naskah tersebut akan langsung ditolak.
 
Selanjutnya naskah akan dikirimkan ke reviewer (pengulas) yang akan meninjau terkait isu, metodologi, dan konteks lainnya. Dan reviewer mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, hasil temuan dan kesimpulan. Selain itu, pengulas juga memeriksa kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam naskah.
 
Keseluruhan komentar (catatan) reviewer kemudian dikirim ke penulis terkait untuk mengambil tindakan dan tanggapan yang diperlukan. Penulis harus menanggapi komentar pengulas secara sistematis, poin demi poin, dan tepat waktu, merevisi dan mengirimkan kembali manuskrip mereka ke jurnal sesuai tenggat waktu yang diberikan. Keputusan dari naskah yang telah direvisi akan dipublikasikan setelah mendapat persetujuan dari dewan penyunting.