Ijtihad dan Qiyas Menurut Imam Syafi’i: Hubungan Qiyas dengan Berbagai Metode Ijtihad dalam Ushul Fiqh

  • Anton Jamal STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
Keywords: Ijtihad, Qiyas, Ushul Fiqh

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana hubungan ijtihad dengan qiyas yang dianggap identik oleh Imam Syafi’i, karena ia secara tegas menyatakan: ijtihad adalah qiyas (huma ismani li ma’nan wahidin), dan pendapatnya tertulis dalam kitab monumentalnya al-Risalah yang dikenal luas di kalangan ushuliyyun sebagai kitab ushul fiqh pertama. Hal ini menarik karena faktanya pendapat Imam Syafi’i yang dianggap sebagai Bapak ushul fiqh tersebut ditolak oleh sebagian besar usuliyyun, bahkan oleh al-Ghazali yang termasuk salah seorang tokoh besar dalam mazhab Syafi’i. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah kepustakaan, dengan melihat langsung pendapat Imam Syafi’i dalam kitab al-Risalah dan membandingkannya dengan kitab-kitab usul fiqh lainnya, baik dalam mazhab Syafi’i maupun di luar mazhab Syafi’i, termasuk tulisan-tulisan usuliyyun kontemporer tentang qiyas dan ijtihad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat Imam Syafi’i tentang ijtihad adalah qiyas dapat dibuktikan kebenarannya, dengan melihat pola penalaran yang dijelaskan dan digunakan usuliyyun dalam berbagai metode usul fiqh yang berkembang pasca beliau, baik di era klasik maupun modern.

References

Abu Zahra, al-I. M. (1958). Ushul Fiqh. Dar el-Fikr al-’Arabi.

Abubakar, A. Y. (2012). Metode Istislahiah: Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dalam Ushul Fiqh (R. Nurdin, Ed.; 1st ed.). Bandar Publisher.

Al-Ghazali, A. H. M. (2009). Al-Mushtashfa min ’Ilmi al-Ushul: Vols. I–II (N. Al-Suwayd, Ed.). Maktabat al-’Ashriyyah.

Al-Juwayni, A. al-’Ma’ali ’Abd al-M. ibn ’Abd A. (1980). Al-Burhan fi Ushul al-Fiqh ("abd al-’Azhim Al-Dib, Ed.). Dar al-Anshar.

Al-Syafi’i, M. bin I. (1990). Al-Risalah. Dar al-Fikr.

Al-Syatibi, A. I. (2005). Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah: Vol. II (A. Darraz, Ed.). Dar al-Fikr al-’Ilmiyyah.

Al-Zuhayli, W. (1986). Ushul al-Fiqh al-Islami (I). Dar al-Fikr.

Anwar, S. (2015). Maqashid al-syari’ah dan Metodologi Usul Fikih, Fikih Kebhinnekaan: Pandangan Islam Indonesia tentang Umat, Kewargaan, dan Kepemimpinan Non Muslim (W. G. Abdul Wahid, M. Abdullah Darraz, & ahmad Fuad Fanani, Eds.). Mizan.

Auda, J. (2015). Membumikan Hukum Islam Melalui Maqasid al-Syari’ah (Rosidin & A. Abd el-Mun’im, Eds.; 1st ed.). PT. Mizan Pustaka.

B. Hallaq, W. (2021). Sejarah Teori Hukum Islam: Pengantar Ushul Fiqh Untuk Mazhab Sunni (E. Kusnadiningrat & A. Haris bin Wahid, Eds.; II). PT Raja Grafindo Persada.

Diyaurrahman, Muh Nashirudin, & Asiah Wati. (2022). Etika Perniagaan di Dalam Al-Quran (Analisis Tafsir Ayat – Ayat Tijarah). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2). https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).9607

Djamil, F. (2005). Epilog dalam Buku Problematika Hukum Keluarga Islam Kontemporer: Analisis Yurisprudensi dengan Pendekatan Ushuliyyah (J. Aripin, Ah. A. Lthif, & M. N. Irfan, Eds.; 1st ed.). Kencana Prenada Media.

Durrayni, F. (2008). al-Manahij al-Ushuliyyah fi al-Ijtihad bi al-Ra’yi fi al-Tasyri’ al-Islamiy (I). Muassasat al-Risalah.

Effendi M. zein, S. (2005). Ushul Fiqh (A. Ya’qub, N. Irfan, & A. Latif, Eds.; 1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Jamal, A. (2023). ILMU MAQASID AL-SYARI’AH (1st ed.). Lhee Sagoe Press.

Jum’ah, A. (2006). Al-Qiyas ‘Inda al-Usuliyyin. Dar al-Risalah.

Koto, A. (2004). Ilmu Ushul Fiqih dan Ushul Fiqih; Sebuah Pengantar (1st ed.). Rajawali Pers.

M. Khamim. (2022). eL-Hekam: Jurnal Studi Keislaman. Nilai Universal Islam Muhammadiyah Dan Nu: Potret Islam Moderat Indonesia, 7(1).

YD, N. K. (2018). PENALARAN USHUL FIQH IBNU HAZM (Analisis Penolakan Illat dan Qiyas Sebagai Dalil Hukum Islam). Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 9(1).

Yumni, A. (2019). URGENSI USHUL FIQH BAGI PERMASALAHAN FIQH YANG DINAMIS. NIZHAMIYAH, 9(2). https://doi.org/10.30821/niz.v9i2.552

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (III). Yayasan Obor Indonesia.

Published
2024-06-05
How to Cite
Jamal, A. (2024). Ijtihad dan Qiyas Menurut Imam Syafi’i: Hubungan Qiyas dengan Berbagai Metode Ijtihad dalam Ushul Fiqh. MAQASIDI: Jurnal Syariah Dan Hukum, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.47498/maqasidi.v4i1.3125
Section
Articles