Wakaf Benda Tidak Bergerak Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960

  • Asra Febriani STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Fadhila Mumtaz STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Wakaf, Benda, Tanah, Bergerak

Abstract

Wakaf adalah perbuatan hukum wakif (yang mewakafkan) untuk memisahkan dan menyerahkan   sebagian   harta   benda   wakaf   miliknya   untuk   dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan kesejahteraan umum menurut syariah. Salah satu benda tidak bergerak yang dapat diwakafkan adalah tanah yang merupakan sumber dari segala macam kekayaan materi, karena dari tanah dapat diperoleh berbagai manfaat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah harus dikelola dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 sebagaimana dipertegas dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA). Adapun Perwakafan tanah milik merupakan salah satu bentuk obyek wakaf di Indonesia. Wakaf sebagai suatu lembaga Islam telah menjadi salah satu penunjang bagi perkembangan kehidupan agama dan sosial masyarakat Islam di Indonesia Adapaun Fungsi wakaf itu terbagi menjadi empat fungsi, yaitu: fungsi ekonomi, fungsi sosial, fungsi ibadah dan fungsi akhlaq.

References

Abdul Ghafur Anshori. 2005. Hukum Dan Praktek Perwakafan Di Indonesia. Jogyakarta: Pilar Media.

Abdul Manan. 2008. Aneka Masalah Hukum Perdata Islam. Jakarta: Kencana.

Aditya, A., & Musthofa, M. A. (2022). The Role of Wakaf In Establishing People's Welfare. MILRev: Metro Islamic Law Review, 1(2), 269-281.

Aryana, K. P., & Yuliafitri, I. (2023). Penerapan Good Nazhir Governance berdasarkan Waqf Core Principle pada Wakaf Salman ITB. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 11(1), 87-96.

Athoillah. 2014. Hukum Wakaf. Bandung: Yrama Widya.

Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Kehakiman Dan HAM RI. 2002. Aspek Hukum Perwakafan Hak Atas Tanah Selain Hak Milik. Jakarta: BPHN-Kemenkumham RI

Bahder Johan Nasution dan Sri Warjiyati. 1997. Hukum Perdata Islam. Surabaya.

Bahri, S. (2017). Kekuatan Hukum Nazir Dalam Pengelolaan Harta Wakaf Menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004. Jurnal Al-Fikrah, 6(1), 1-22.

Benhard Limbong. 2011. Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan. Jakarta: Margaretha Pustaka.

Budi Harsono. 1999. Hukum Agraria Indonesia (Sejarah Pembentukan Undang- Undang Pokok Agraria). Jakarta: Djambatan.

Christianto, I. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Tanah Wakaf Melalui Pendaftaran Tanah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria. Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 10(01), 91-106.

Hadi, S. M. A., & Ma’adi, A. S. U. (2021). Penerapan Fatwa DSN MUI No. 23 Tahun 2020 Terhadap Efisiensi Penyaluran ZIS Perspektif Fiqh Al-Aulawiyah di Lazismu Pamekasan. MAQASIDI: Jurnal Syariah dan Hukum, 125-135.

Harnides, H., & Hadana, E. S. (2021). Pengalihfungsian Wakaf Menurut Hukum Islam. Syarah: Jurnal Hukum Islam & Ekonomi, 10(1), 78-96.

Hendrik, M., & Mufidah, M. (2019). Peran Badan Wakaf Indonesia Pasca Terbitnya Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, 6(5), 417-446.

Irawati, N. (2017). Wakaf Benda Bergerak Dalam UU No. 41 Tahun 2004 Dalam Tinjauan Fiqh Mazhab Syafii. Istidal: Jurnal Studi Hukum Islam, 4(2), 149-162.

Maulidi, A. N. (2017). Wakaf Tunai, Implementasinya dalam Sistem Perbankan Syariah di Indonesia. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 4(2), 235-254.

Muhammad Bin Ismail Al Amir Ash Shan’ani, 2013. Subul As Salam Syarah Bulughul Maram. Jakarta: Darus Sunnah Press,

Munawar, W. (2021). Profesionalitas Nazir Wakaf: Studi Manajemen Wakaf Produktif di Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(1), 17-33.

Mustofa, I., Santoso, D., & Rosmalinda, U. (2020). The implementation of the regulation of cash waqf management in higher educational institution in Indonesia and Malaysia (a study of legal system theory). Humanities & Social Sciences Reviews, 8(4), 69-77.

Naim, A. H. (2018). Pengembangan Objek Wakaf dalam Fiqih Islam dan Hukum Positif di Indonesia. ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 245-262.

Nuralam, I. P. (2017). Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Universitas Brawijaya Press.

Rachmadi Usman. 2009. Hukum Perwakafan Di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Ramdani, R. (2021). Systematic Literature Review on Islamic Endowment Funds (Waqf) Between Years 2016 to 2020. Library Philosophy and Practice (e-Journal). https://digitalcommons. unl. edu/libphilprac/5307.

Siah Khosyi’ah, 2010. Wakaf Dan Hibah, Bandung: Pustaka Setia.

Sukmana, R. (2020). Critical assessment of Islamic endowment funds (Waqf) literature: lesson for government and future directions. Heliyon, 6(10), e05074.

Syukron, M. (2023). Istibdal Wakaf Dalam Perspektif Fuqaha Dan Relevansinya Terhadap Undang-Undang Wakaf. Sosio Akademika, 13(1), 88-105.

Tahir Azhari, 1992. Wakaf dan Sumber Daya Ekonomi, Jakarta: Al Hikmah

Taufik Hamami, 2003. Perwakafan Tanah (Dalam Politik Hukum Agraria Nasional), Tatanusa, Jakarta,

Uswatun Hasanah. 2011. Aspek Hukum Wakaf Uang. Jakarta Timur: BPHN-Kemenkum RI.

Published
2023-06-21
How to Cite
Febriani, A., & Mumtaz, F. (2023). Wakaf Benda Tidak Bergerak Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960. MAQASIDI: Jurnal Syariah Dan Hukum, 42-53. https://doi.org/10.47498/maqasidi.vi.1876
Section
Articles