MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TURNAMENT (TGT) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI/SD; STUDI META-ANALISIS

  • Siti Nurjanah
  • Fatkhul Arifin
Keywords: Model Pembelajaran Tipe Team Games Turnament;, Hasil Belajar, Pemecahan Masalah Matematis;, Pemahaman Konsep Matematis;, Kemampuan Komunikasi Matematis;, Motivasi Belajar, Effect Size;

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe team games turnament dalam pembelajaran matematika di MI/SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran tipe team games tu rnament dalam pembelajaran matematika di SD/MI. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Meta-analisis. Sampel penelitian ini adalah empat belas jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2013-2020 pada jenjang sekolah dasar yang membahas penelitian penggunaan model pembelajaran tipe team games turnament dalam pembelajaran matematika di MI/SD. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penggunaan model pembelajaran tipe team games tournament berpengaruh terhadap pembelajaran matematika dengan effect size keseluruhan sebesar 1,76 yang masuk dalam kategori sangat besar. Penggunaan model pembelajaran tipe team games tournament ini berpengaruh terhadap hasil belajar, pemecahan masalah matematis, pemahaman konsep matematis, kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa.

Published
2022-06-30
Section
Articles