THE EFFORT OF THE HOMEROOM TO IMPROVE STUDENT'S READING INTEREST IN MIN 7 ACEH BARAT
Abstract
Wali kelas merupakan sosok yang amat berpengaruh dalam upaya meningkatkan minat membaca siswa. Karena wali kelas pihak yang paling dekat dengan siswa di madrasah yang selalu membimbing, memantau, dan memotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya wali kelas dalam meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan tiga orang wali kelas. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya wali kelas dalam peningkatan minat membaca ditempuh dengan memotivasi belajar siswa. Siswa didorong untuk membaca dengan meminjam buku di perpustakaan . Selain itu dalam pembelajaran berlangsung guru juga meminta siswa untuk membaca satu persatu agar siswa mampu menanggapi materi yang diberikan oleh guru. Guru juga melakukan koordinasi dengan para orang tua dalam rangka meningkatkan minat baca siswa. Koordinasi dilakukan dengan cara menanyakan pelaksanaan pembimbingan siswa di rumah dan menanyakan pengontrolan perilaku membaca anak oleh orang tua di rumah.
Copyright (c) 2021 AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.