PENERAPAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA SISWA KELAS V MIS AL-MANSURIYAH KOTA SUBULUSSALAM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, khususnya materi Asmaul Husna di kelas V MIS Al-Mansuriyah Kota Subulussalam. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal dan memahami makna 99 nama Allah (Asmaul Husna), yang menyebabkan hasil belajar mereka tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Index Card Match, sebuah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam aktivitas mencocokkan kartu berisi pertanyaan dan jawaban terkait materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIS Al-Mansuriyah dengan jumlah 16 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai KKM adalah 62,5%, dan meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Penerapan metode Index Card Match terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama karena metode ini melibatkan siswa secara aktif dan membuat pembelajaran lebih interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Index Card Match dapat meningkatkan pemahaman dan hafalan siswa terhadap Asmaul Husna.
References
Dusalan, D., Mikrayanti, M., Basrin, B., Jauhari, R. S., & Furqan, M. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Index Card Match padaa Materi Pokok Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII-b SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2019/2020. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 44–65. https://doi.org/10.53299/diksi.v1i1.90
Ependi, R., Rangkuti, C., & Ismaraidha, I. (2023). Pelaksanaan Kurikulum Islam Wasathiyah Terhadap Muatan Pendidikan Moderatisme Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak MAS Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4875–4885.
Fitri, R. M., Toharudin, M., & Rizkhi, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata pada Siswa Kelas 4 SDIT Nurul Hidayah. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 56–66. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.856
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Lisna, A. (2023). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Universitas Lampung.
Raipartiwi, N. K. (2022). Penerapan metode index card macth (INDEX CARD MATCH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 589–598. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6203533
Soetari, E. (2017). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 116–147. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.73
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080.
Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
Copyright (c) 2024 AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.