DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PSIKOSOSIAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERKEMBANGAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS DI MI MA’ARIF CEKOK BABADAN PONOROGO)
Abstract
Bullying merupakan perilaku negatif yang dilakukan secara berulang-ulang oleh seseorang atau sekelompok orang secara sadar, baik secara fisik maupun verbal dengan tujuan untuk menyakiti korbannya. Perilaku bullying yang terjadi di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo menimbulkan suasana lingkungan yang kurang baik bagi perkembangan emosi dan motivasi belajar siswa. Bentuk-bentuk perilaku bullying di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo ada yang bersifat fisik dan non fisik/verbal. Timbulnya perilaku bullying disebabkan oleh masalah-masalah kecil yang berdampak psikososial baik bagi korban, pelaku maupun saksi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo; (2) mendeskripsikan dampak perilaku bullying terhadap perkembangan emosi siswa di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo; dan (3) mendeskripsikan dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, display data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) bentuk-bentuk perilaku bullying fisik yang terjadi di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu dipukul, disembunyikan, didorong, dan ditarik bajunya. Sedangkan bentuk-bentuk bullying non fisik/verbal yang terjadi yaitu memanggil nama orang tua, mengejek, mengejek, dan menakut-nakuti; (2) dampak perilaku bullying terhadap perkembangan emosi siswa MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu korban bullying merasa takut, menangis, diam, sedih, tidak nyaman. Sedangkan pelaku merasa senang dan saksi merasa kasihan; (3) dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu kurang konsentrasi saat pembelajaran, kurang memahami materi pembelajaran, siswa tidak bersemangat dalam belajar, dan siswa tidak aktif saat pembelajaran.
References
Amini, Yayasan Semai Jiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo.
Astuti, Ponny Retno. (2008). Meredam Bullying 3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Budhi, Setia. (2020). KILL BULLYING Hentikan Kekerasan di Sekolah. Universitas Lambung Mangkurat.
Bungin, Burhan. (2012). Analisis Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Chaplin, James P. (1999). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Detikedu, Kasus Bullying Marak Terjadi Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua untuk Mencegahnya, https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6975340/kasus-bullying-marak-terjadi-ini-yang-harus-dilakukan-orang-tua-untuk-mencegahnya, diakses pada tanggal 5 Februari 2024.
Komariyah, Selvi. (2022). Dampak Bullying School Terhadap Perkembangan Sosial Remaja di SMK Al-Muhtadin Depok. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kompasiana, Perilaku Bullying yang Terjadi pada Anak Sekolah Dasar, https://www.kompasiana.com/andininurpermata88/646efba508a8b560dd7df623/perilakubullying-yang-terjadi-pada-anak-sekolah-dasar, diakses pada tanggal 25 Desember 2023.
Muhammedi, dkk. (2017). Psikologi Belajar. Medan: LARISPA Indonesia.
Nasution, Fadhilah Syam. (2021). “Kasus Bullying ditinjau dari kecerdasan emosional dan kesehatan mental anak usia dini.” Jurnal Ilmiah dalam Pendidikan Dasar 4, no.2, 10.
Nurdahlia, Dwi Ulfa, Ratna Nila Puspitasari. (2023). “Bimbingan Klasikal Sebagai Pemahaman Dampak Perundungan Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Prosiding Konferensi Penguatan Kajian Islam di Era Diggital 3, no. 1, 229.
Putri, Elsya Derma. (2022). “Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya.” Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian 10, no. 2, 27.
Rochmah, Elfi Yuliani. (2014). Psikologi Perkembangan (Sepanjang Rentang Hidup). Ponorogo: STAIN Po PRESS.
Saldana, Miles, Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications.
Sartika, Nomi. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Hubungan Sosial Siswa di SMPN 17 Kota Jambi. Skripsi: Universitas Jambi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Bagong. (2010). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Wiyani, Novan Ardy. (2012). Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Copyright (c) 2024 AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.