PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP PREFERENSI NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DI KABUPATEN ACEH BARAT

  • Linda Asnaini STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Muliza STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • M. Rezki Andhika STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Kemudahan, Keamanan, BSI, Mobile Banking

Abstract

Mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan perbankan pada Bank BSI. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi preferensi nasabah dalam menggunakan layanan BSI mobile diantara kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor kemudahan dan keamanan mempengaruhi prefensi nasabah BSI Kabupaten Aceh Barat menggunakan BSI mobile. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sampel penelitian sebanyak 100 orang nasabah BSI, pengumpulan data dengan angket analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  kemudahan (X1) diperoleh probabilitas  Sig sebesar 0,025. Nilai Sig < 0,05 (0,025 < 0,05), thitung sebesar 2,275 atau lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,66071 yang berati secara parsial kemudahan dalam bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah BSI Aceh Barat menggunakan mobile banking. Variabel keamanan (X2) diperoleh probabilitas  Sig sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dan hasil thitung yakni 3,863 atau lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,66071 sehingga dapat disimpulkan bahwa keamanan dalam bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah BSI Aceh Barat menggunakan mobile banking. Hasil uji F pada tabel Anova diperoleh nilai probabilitas (Sig) sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 49,985 atau lebih besar dari Ftabel (49,985 > 3,09), sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor kemudahan (X1) dan keamanan dalam bertransaksi (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah BSI Aceh Barat menggunakan mobile banking (Y). Pengaruh tersebut mencapai 50,8% (nilai R Square pada tabel model summary sebesar 0,508).

References

Antonio, Muhammad Syafi’i, Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. (Jakarta: Gema Insani Press, 2001

Basoeky, Unggul. dkk, Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Media Sains Indonesia, 2020

Bejana, Siti, S dan Khairina Tambunan, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah untuk Menggunakan Layanan Mobile banking pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Perbaungan”, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), Vol. 2, No. 1, 2022

Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Kebijakan Pengembangan Perbankan Syariah, Jakarta : 2011

Febriana, Nina Indah, Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung, Jurnal An-Nisbah, Vol. 03, No. 01, Oktober 2016

Hayati, N, Mislah, dan Sutisna, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking”, Jurnal Nisbah, Vol.1, No.1, 2015

http://www.ojk.go.id/sikapiuangmu.ojk.go.id

http://www.spssindonesia.com

Ikatan Bankir Indonesia, Memahami Bisnis Bank Syariah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018

Iriani, Annisa Fitri,” Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo”, Journal of Islamic Management and Bussines Vol. 2, No. 2, 2018

Ismail, Perbankan Syariah, Jakarta: Pranamedia Group, 2011

Janie, Dyah Nirmala Arum, Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS, Semarang: Semarang University Press, 2012

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: RajagraFindo Persada, 2013

Kasmir, Manajemen Perbankan, Edisisi Revisi ke-10, Jakarta: Rajawali Press, 2010
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2001

Mappiare, Andi, Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian dan Pendidikan, (Surabaya, Usana Offsetprinting, 2004

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Nasmi, Anisa Fadila, “Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Kecamatan Babussalam Menggunakan Mobile banking Pt Bank Syariah Indonesia”, Banda Aceh : UIN Ar-Raniry,2022

Nugraha, Jefri Putri, dkk, Teori Perilaku Konsumen, Jawa Tengah: Nasya Expanding Management, 2021

Nurastuti, Wiji, Teknologi Perbankan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011

Poerwadaminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Jakarta: Balai Pustaka, 2006

Pohan, Muhajir Wahyudi, “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Generasi Milenial Dalam Menggunakan Mobile banking”, (Padangsidampuan: Institut Agama Islam Negeri (Iain) Padangsidimpuan, 2020

Purwati, Nisa Ayu,” Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Terhadap Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile banking Bank Syariah (Studi Pada Pt Bank Syariah Mandri Kcp Darussalam Banda Aceh)”, (Banda Aceh :Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2018

Putri, Nina Eka, dkk, Tingkat Konsumsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Mobile Banking di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan, Dalam AL-IQTISHAD: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Islam Vol. 1 No. 1 (2023)

Rahmawati, Dhalilah Shuba Haq, “Mobile banking: Analisa Penggunaan PadaNasabah Pt. Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe: Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam)”, Jurnal Manajmen Keuangan Syariah, Vol. 3 No 2, 2019

Raya, Journal of Islamic Management and Bussines Vol. 2, No. 2, 2018

Resmawa, Ira Ningrum, Monograf: Studi Perbandingan Preferensi Konsumen (Studi Kasus : Our Bar dan Oldwood Bar), Surabaya: LPPM STIE YAPAN, 2019

Saladin, Djaslim, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Bank, Jakarta: Rajawali Press, 1994

Sari, Lia Fatimah, “Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Mobile banking Di Pt. Bank Bri Syariah Kcp Rantauprapat” Padangsidimpuan : Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2017

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015

Tanjung, Hendri dan Abrista Devi, Metode Penelitian Ekonomi Islam, Edisi ke-2 Bekasi: Gramata Publishing, 2018

Ulan, Andi Sari,“Efektivitas Mobile banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Muamalat Cabang Palopo”, Palopo : Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2021

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah

Wilardjo, Setia Budhi, Pengertian, Peranan Dan Pengembangan Bank Syariah Di Indonesia,http://jurnal.unimus.ac.id,Vol.2,No.1

Yasyin, Sulchan, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah, 2007

Zusrony, Edwin, Perilaku Konsumen Di Era Modern, Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2020
Published
2024-01-16