Pengaruh Kepercayaan dan Pemahaman Masyarakat Kampung Bener Pepanyi Terhadap Minat Membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah

  • Rahmawati IAIN Lhokseumawe
  • Iskandar IAIN Lhokseumawe
  • Juliana Putri IAIN Lhokseumawe
  • Sofian Sauri IAIN Lhokseumawe
Keywords: Kepercayaan, Pemahaman, Minat, Membayar Zakat, Baitul Mal

Abstract

Penelitian  yang berjudul “Pengaruh Kepercayaan dan Pemahaman Masyarakat Kampung Bener Pepanyi Terhadap Minat Membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah”. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh kepercayaan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat di Baitul Mal Bener Meriah (2) untuk mengetahui pengaruh pemahaman berpengaruh terhadap Minat Masyarakat dalam membayar Zakat Di Baitul Mal Bener Meriah (3) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan pemahaman berpengaruh terhadap simultan terhadap Minat Masyarakat membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah. Penelitian ini mengunakan pendekatan secara kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya adapun variabel dalam penelitian ini yaitu Minat (Y), Kepercayaan (X1), Pemahaman (X2). Adapun data yang digunakan data sekunder berupa data runtun waktu dalam model hipotesisnya. Populasi dan sample penelitian ini di ambil dari masyrakat Kampung Bener Pepanyi, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah. Adapun jumlah yang membayar Zakat di Kampung Bener Pepanyi pada tahun 2022 sebanyak 63 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan kouesioner. Analisa data mengunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kepercayaan dan pemahaman berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah. Hasil Uji F Variabel Kepercayan (X1) dan Pemahaman (X2) berpengaruh terhadap simultan terhadap Minat Masyarakat dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah

References

Pertiwi, Intan Suri Mahardika & Ruslan Abdul Gahfur, (2021) Optimalisasi Potensi Zakat: Faktor Yang Mempengaruhi MuzzakivMembayar Zakat Di Baznas Lampung Tengah. Jurnal NIARA Vol 13 No2 Januari.1-10

Agus Sujanto. (2019). Psikologi Umum, Bumi Aksara.

Azizi, S. (2020). Pengaruh Tingkat Pemahamand Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Untuk Membayara Zakat, Infaq Dan Sedekah Pada Masayarakat di Kecamatan Genuk Kota Semarang. Sell Kournal, 5(1), 55.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Ibn Khaldun Bogor, U. (2019). Lembaga Zakat Dan Peranannya Dalam Ekuitas Ekonomi Sosial Dan Distribusi Holil. In Jurnal Ekonomi Islam (Vol. 10, Issue 1).

Jannah, N. (2022a). Asnaf Zakat Menurut Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha. TRANSFORMATIF, 6(1), 77–88. https://doi.org/10.23971/tf.v6i1.3824

Jannah, N. (2022b). Asnaf Zakat Menurut Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha. TRANSFORMATIF, 6(1), 77–88. https://doi.org/10.23971/tf.v6i1.3824

Kabib, N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Lutfi Mustofa, M. T. (2021). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2156

Leninkumar, V. (2017). The Relationship between Customer Satisfaction and Customer Trust on Customer Loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i4/2821

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20. https://doi.org/10.2307/1252308

Mustaring. (2016). Eksistensi “Baitul Maal” Dan Peranannya Dalam Perbaikan Ekonomi Rumah Tangga Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajaranny, 11(2).

Nor Paizin Pusat Pungutan Zakat, M. (n.d.). Decentralization in Malaysia’s Zakat Organizations: A Comparison of Zakat Collection Achievements. In International Journal of Zakat (Vol. 7, Issue 1).

Religiusitas, P., Zakat Terhadap Mi-nat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas dengan Faktor Usia Se-bagai Variabel Moderasi Aditya Surya Nugroho, P., Nurkhin, A., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Economic Education Analysis Journal Teakreditasi SINTA 5. EEAJ, 8(3), 955–966. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35723

Wahyu Nugroho, A. , & S. B. (2013). Pengaruh kinerja layanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang. Diponegoro Journal of Management, 1–19.

Wiji Utami, H. (2023). Contextualization of Productive Zakat in the Modern Era to Reduce Poverty. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 4(2), 134–148. https://doi.org/10.15642/mzw.2023.4.2.134-148

Published
2024-07-09
How to Cite
Rahmawati, R., Iskandar, I., Putri, J., & Sauri, S. (2024). Pengaruh Kepercayaan dan Pemahaman Masyarakat Kampung Bener Pepanyi Terhadap Minat Membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah. AT-TASYRI’: JURNAL ILMIAH PRODI MUAMALAH, 16(1), 1-17. https://doi.org/10.47498/tasyri.v16i1.3033