Pengaruh Kepercayaan dan Pemahaman Masyarakat Kampung Bener Pepanyi Terhadap Minat Membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah
Abstract
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Kepercayaan dan Pemahaman Masyarakat Kampung Bener Pepanyi Terhadap Minat Membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah”. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh kepercayaan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat di Baitul Mal Bener Meriah (2) untuk mengetahui pengaruh pemahaman berpengaruh terhadap Minat Masyarakat dalam membayar Zakat Di Baitul Mal Bener Meriah (3) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan pemahaman berpengaruh terhadap simultan terhadap Minat Masyarakat membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah. Penelitian ini mengunakan pendekatan secara kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya adapun variabel dalam penelitian ini yaitu Minat (Y), Kepercayaan (X1), Pemahaman (X2). Adapun data yang digunakan data sekunder berupa data runtun waktu dalam model hipotesisnya. Populasi dan sample penelitian ini di ambil dari masyrakat Kampung Bener Pepanyi, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah. Adapun jumlah yang membayar Zakat di Kampung Bener Pepanyi pada tahun 2022 sebanyak 63 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan kouesioner. Analisa data mengunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kepercayaan dan pemahaman berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah. Hasil Uji F Variabel Kepercayan (X1) dan Pemahaman (X2) berpengaruh terhadap simultan terhadap Minat Masyarakat dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Bener Meriah
References
Pertiwi, Intan Suri Mahardika & Ruslan Abdul Gahfur, (2021) Optimalisasi Potensi Zakat: Faktor Yang Mempengaruhi MuzzakivMembayar Zakat Di Baznas Lampung Tengah. Jurnal NIARA Vol 13 No2 Januari.1-10
Agus Sujanto. (2019). Psikologi Umum, Bumi Aksara.
Azizi, S. (2020). Pengaruh Tingkat Pemahamand Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Untuk Membayara Zakat, Infaq Dan Sedekah Pada Masayarakat di Kecamatan Genuk Kota Semarang. Sell Kournal, 5(1), 55.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.
Ibn Khaldun Bogor, U. (2019). Lembaga Zakat Dan Peranannya Dalam Ekuitas Ekonomi Sosial Dan Distribusi Holil. In Jurnal Ekonomi Islam (Vol. 10, Issue 1).
Jannah, N. (2022a). Asnaf Zakat Menurut Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha. TRANSFORMATIF, 6(1), 77–88. https://doi.org/10.23971/tf.v6i1.3824
Jannah, N. (2022b). Asnaf Zakat Menurut Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha. TRANSFORMATIF, 6(1), 77–88. https://doi.org/10.23971/tf.v6i1.3824
Kabib, N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Lutfi Mustofa, M. T. (2021). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2156
Leninkumar, V. (2017). The Relationship between Customer Satisfaction and Customer Trust on Customer Loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i4/2821
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20. https://doi.org/10.2307/1252308
Mustaring. (2016). Eksistensi “Baitul Maal” Dan Peranannya Dalam Perbaikan Ekonomi Rumah Tangga Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajaranny, 11(2).
Nor Paizin Pusat Pungutan Zakat, M. (n.d.). Decentralization in Malaysia’s Zakat Organizations: A Comparison of Zakat Collection Achievements. In International Journal of Zakat (Vol. 7, Issue 1).
Religiusitas, P., Zakat Terhadap Mi-nat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas dengan Faktor Usia Se-bagai Variabel Moderasi Aditya Surya Nugroho, P., Nurkhin, A., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Economic Education Analysis Journal Teakreditasi SINTA 5. EEAJ, 8(3), 955–966. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35723
Wahyu Nugroho, A. , & S. B. (2013). Pengaruh kinerja layanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang. Diponegoro Journal of Management, 1–19.
Wiji Utami, H. (2023). Contextualization of Productive Zakat in the Modern Era to Reduce Poverty. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 4(2), 134–148. https://doi.org/10.15642/mzw.2023.4.2.134-148
Copyright (c) 2024 Rahmawati Rahmawati, Iskandar Iskandar, Juliana Putri, Sofian Sauri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal AT-TASYRI' dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal AT-TASYRI', baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.