Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Marketplace Shopee Pada Masyarakat Kabupaten Pekalongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Marketplace Shopee Pada Masyarakat Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan bersifat kuantitatif, data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran angket (kuisioner). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linear berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan masing-masing variable bebas mempunyai hasil yang positif dan signifikan terhadap variable terikat, yaitu kepercayaan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dari pengaruh secara simultan atau bersama-sama kepercayaan konsumen dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian dengan menyatakan bahwa nilai prob. F (Statistic) sebesar 0,000000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 Koefisien determinasinya sebesar 0,391618 yang berarti bahwa 39,16% variabel Y dipengaruhi secara langsung oleh semua variabel bebas. Sisanya 60,84% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dalam penelitian.
References
Adinugraha, H. H., Maisaroh, A., Hidayatullah, R., & Bahrurizqi, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Batik. Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika (Teknik), 1(2), 74–82. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/TEKNIK
Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE , HARGA DAN KEPERCAYAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 1–20. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php
Ardiansyah , & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap KeputusaaPembelian Produk Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Stie Bima). Jurnal Akuntansi, Vol 2 no 2.
Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.
Faiza, I., Lisa Nurani, Indah Permatasari, & Hendri Hermawan Adinugraha. (2022). Fitur Halal Shopee Barokah Sebagai Preferensi Belanja Online Muslim Di Era Digital. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 78–87. https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i1.198
Fadila, C. T., Farlian, T., & Ramly, A. (2020). The influence of Halal Label, Product Quality, and Price on Purchasing Decisions.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Jalil, A., & Safrianto, A. S. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 24(2), 756–766. https://doi.org/10.35137/jei.v24i2.1099
Kartika, E.-. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i1.778
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Maciej Serda, Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, … فاطمی, ح. (2022). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KETERLIBATAN KONSUMEN, DAN KUALITAS PRODUK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI SHOPEE LIVE (Studi pada pengguna platform shopee live). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 343–354. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/34010
Margaretha, F. (2017). ANALISIS HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE SEBAGAI MEDIA BERBELANJA ONLINE PAD SHOPEEHOLICS DI KOTA SAMARINDA. 5(4), 26–40.
Mowen , J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Rahmatullah, & I. (2017). Ekonomi Berkarakter Eco-Culture. Universitas Negeri Makassar.
Ramly, A. R. (2016). TINGKAT EFISIENSI BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD) DI INDONESIA PERIODE 2012-2014. Jurnal Akad, 1(1).
Ramly, A. R., & Hakim, A. (2017). Pemodelan efisiensi bank di Indonesia: Perbandingan antara bank Syariah dan bank konvensional. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(2), 131-148.
Ramly, A. R. (2019). Konsep Gharar dan Maysir dan Aplikasinya pada Lembaga Keuangan Islam. Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 62-82.
Ramly, A., & Fahlauddin, F. (2022). Analisis Literasi Keuangan pada Mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Bertuah, 3(1), 37-53.
Sangadji , E. M., & S. (2013). Perilaku Konsumen. CV Andi Offset.
Sinaga, C. L., & Evyanto, W. (2023). YUME : Journal of Management Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Kota Batam. Volume 6 Issue 2 (2023) Pages 24 - 38 YUME : Journal of Management ISSN : 2614-851X (Online), 6(2), 24–38. https://stieamkop.ac.id/journal/index.php/yume/article/view/3833/2494
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi3. Andi Offset.
Yelvita, F. S. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Copyright (c) 2024 Arifatul Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal AT-TASYRI' dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal AT-TASYRI', baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.