ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN JASA LAYANAN SETOR TUNAI BANK ACEH SYARIAH DI KOTA LANGSA

  • Helmi Dayana Prodi Perbankan Syariah IAIN Langsa
  • Muhammad Dayyan Institut Agama Islam Nengeri Langsa
Keywords: Preferensi, Service Quality, Transaksi Cashless, Cash Recycle Machine

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku preferensi masyarakat menggunakan jasa layanan setor tunai yaitu Cash Recycle Machine. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan model structural PLS dengan dibantu menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi masyarakat dalam menggunakan Cash Recycle Machine dengan nilai t-statistik sebesar 3,509 > 1,96 dengan p-value 0,000 < 0,05. Transaksi cashless berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap preferensi masyarakat dalam menggunakan Cash Recycle Machine dengan nilai t-statistik sebesar 0,973 < 1,96 dengan p-value 0,331 > 0,05. Berdasarkan angka R-Square besarnya pengaruh variabel service quality dan transaksi cashless terhadap preferensi nasabah dengan nilai sebesar 0,642. Maka sebesar 64% variansi preferensi masyarakat menggunakan CRM dipengaruhi oleh variabel service quality dan transaksi cashless, sedangkan sisanya 36% ditentukan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Asmawati, Asmawati. 2019. “Analisis Pelayanan Nasabah Pada PT Bank Mandiri Tbk. Kantor Cabang Tanjung Redeb (Studi Kasus Pada Layanan Setor Tunai).” JEMMA: Jurnal of Economic, Management and Accounting 2(1):77–88. doi: http://dx.doi.org/10.35914/jemma.v2i1.145.

Bank Aceh. 2023. “Sejarah Singkat Perusahaan.” Bank Aceh. Retrieved July 25, 2023 (https://www.bankaceh.co.id/?page_id=82).

Chin, Wynne W., and Peter A. Todd. 1995. “On the Use, Usefulness, and Ease of Use of Structural Equation Modeling in Mis Research: A Note of Caution.” MIS Quarterly: Management Information Systems 19(2):237–46. doi: 10.2307/249690.

Chumaidi, Edy. 2023. “Model Pembiayaan Dan Pembayaran Sistem Cashless Di UIN KH. Abdurrahman Wahid.” ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin 1(1):16–26. doi: 10.55681/ARMADA.V1I1.237.

Darmawan, Dani. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dayyan, Muhammad. 2016. “Resistensi Masyarakat Terhadap Perbankan Syari’ah Di Kota Langsa.” Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen 6(2):247–58. doi: 10.15408/ess.v6i2.3571.

Dayyan, Muhammad, and Rifyal Dahlawy Chalil. 2020. “The Attitude of Merchants Towards Fatwa on Riba and Convensional Bank in Langsa.” Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam 9(1):48–71. doi: 10.22373/share.v9i1.6372.

Farhan, Ahmad, and Aishwari Wardani Shifa. 2023. “Penggunaan Metode Pembayaran QRIS Pada Setiap UMKM Di Era Digital.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4(2):1198–1206. doi: https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1045.

Fatihudin, Didin, and Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

Firmansyah, Guntur, and Ari Susanti. 2023. “Pengaruh Lifestyle Hedonisme, Kemampuan Finansial Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Penggunaan Transaksi Cashless Pada Generasi Milenial Di Surakarta.” Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK) 2(Mei):442–54. doi: ttps://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.151.

Hamsa, Amrizal, and Arroyyan Ramly. "Determinants of Financial Literacy on Micro Waqf Banks in Aceh." Share: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 11, no. 1 (2022): 229-250.

Hosseini, Maryam, Neda Abdolvand, and Saeedeh Rajaee Harandi. 2022. “Two-Dimensional Analysis of Customer Behavior in Traditional and Electronic Banking.” Digital Business 2(2):1–10. doi: 10.1016/j.digbus.2022.100030.

Hussein, Ananda Sabil. 2015. Penelitian Bisnis Dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) Dengan Smart PLS 3.0. Malang: Universitas Brawijaya.

Julian, and Ropi Marlina. 2018. “Preferensi Nasabah Memilih Bank Syariah Dilihat Dari Aspek Karakteristik Nasabah.” Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 3(2):48–62. doi: 10.34308/eqien.v3i2.27.

Kasmir. 2012. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Cet. ke-11. Jakarta: Rajawali Pers.

Kismawadi, Early Ridho, and Uun Dwi Al Muddatstsir. 2018. “Persepsi Masyarakat Tentang Akan Dikonversinya Bank Konvensional Ke Bank Syariah Di Aceh Studi Kasus Di Kota Langsa.” Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah 2(2):136–48. doi: 10.32505/ihtiyath.v2i2.707.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. Jakarta: Prenhallindo.

Monica, Yolania. 2022. “Pengaruh Pendapatan Dan Kemudahan Transaksi Non Tunai Terhadap Pengeluaran Konsumsi Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya 10(1):1–15.

Muchtaram, Karimah Mafisah, Anton Priyo Nugroho, and Wuri Suhasti. 2019. “Peran Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat MenggunakanPembayaran Non Tunai : Perluasan Teori Technology Acceptance Model.” Pp. 1–14 in Seminar Nasional Ekonomi Islam. Yogyakarta: FORKOM PTKIS.

Nugrahini, Dian Essa, and Ahmad Hijri Alfian. 2023. “Persepsi Penggunaan E-Payment Di Era Cashless Society: Peran Nilai Online Shopping, Manfaat E-Payment Dan Kepatuhan Syariah (Sharia Compliance).” JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL 12(1):88–99. doi: https://doi.org/10.29303/jmm.v12i1.764.

Otoritas Jasa Keuangan. 2022. “Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif.” OJK. Retrieved June 23, 2023 (https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Pages/Layanan-Keuangan-Tanpa-Kantor-dalam-Rangka-Keuangan-Inklusif-.aspx).

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1985. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research.” Journal of Marketing 49(4):41–50. doi: https://doi.org/10.2307/1251430.

Putri, Retnandi Meita. 2018. “Analisis Perilaku Preferensi Nasabah Bank Syariah Dalam Menggunakan Jasa Layanan Setor Tunai (Studi Kasus Pada Bank Syariah Di Kota Semarang).” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Pyndick, Robert S., and Daniel L. Rubinfeld. 2012. Mikroekonomi. Jakarta: Erlangga.

Rahmadhania, Idfizati Merystiayu, and Multi fiah. 2014. “Analisis Perilaku Preferensi Nasabah Dalam Melakukan Setoran Tunai (Studi Layanan Teller Dan Cash Deposit Machine PT. Bank Swasta XXX Malang).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya 2(2).

Rahmatia, Rahmatia, Afriana Lomagio, Meyanti Meyanti, and Sulfia Sulfia. 2022. “Analisis Penerimaan Teknologi Pada Penggunaan Digitalisasi Layanan Perbankan Syariah Di Provinsi Gorontalo.” SEIKO : Journal of Management & Business 5(2):351–61. doi: 10.37531/SEJAMAN.V5I2.2009.

Ratnasari, Ririn Tri, and Mastuti H. Aksa. 2011. Teori Dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Ramly, A., & Hamsa, A. (2023). "Public Preference For Micro Waqf Banks: An Effort To Increase Community Business." Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 9(2).

Rufaidah, Erlina. 2015. Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simamora, Nurtiandriyani. 2023. “Era Cashless, Perbankan Fokus Ekspansi ATM Setor Tarik Gantikan ATM Tunai.” Kontan.Co.Id. Retrieved October 29, 2023 (https://keuangan.kontan.co.id/news/era-cashless-perbankan-fokus-ekspansi-atm-setor-tarik-gantikan-atm-tunai).

Suadah, Suadah. 2015. “Studi Perbandingan Kepuasan Nasabah Antara Setoran Manual Dan Menggunakan Mesin Setoran Tunai Pada Bank BCA Kota Banjarmasin.” UIN Antasari Banjarmasin.

Sukti, Surya, and Muhammad Aliansyah. 2017. “Preferensi Nasabah Non-Muslim Terhadap Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palangka Raya).” El-Mashlahah 7(2):13–26. doi: 10.23971/el-mas.v7i2.1424.

Sulisdika, Salsa Dinda, Teuku Muhammad Syahrizal, and Eka Nurlina. 2022. “Determinan Intensi Perilaku Muslim Kota Banda Aceh Berdonasi Melalui Digital Payment.” AT-TASYRI’: JURNAL ILMIAH PRODI MUAMALAH 14(2):87–99. doi: 10.47498/TASYRI.V14I1.1096.

Ulfi, Izzani. 2020. “Tantangan Dan Peluang Kebijakan Non-Tunai: Sebuah Studi Literatur.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 25(1):55–65. doi: https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2379.

Wiastono, Agus, and Ferra Eka Ramadhani. 2021. “Pengaruh Kualitas Layanan ATM Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada KCP Bank BRI Malang.” JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN 2(01):38–48.

Yuliani, Sri. 2019. “Pengaruh Pemahaman Dan Aksesibilitas Penggunaan Cash Deposit Machine Terhadap Peningkatan Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh).” UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Yutaviando, Abi. 2019. “Analisa Determinan Preferensi Transaksi Non-Tunai (Studi Kasus Penggunaan E-Money Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya 7(2).

Published
2023-12-23
How to Cite
Dayana, H., & Dayyan, M. (2023). ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN JASA LAYANAN SETOR TUNAI BANK ACEH SYARIAH DI KOTA LANGSA. AT-TASYRI’: JURNAL ILMIAH PRODI MUAMALAH, 15(2), 225-244. https://doi.org/10.47498/tasyri.v15i2.2353