A STUDY OF CLICKBAIT TITLES:

Online Media Users Perspective

  • Himayatul Azizah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Johan Ridwan Syarief Rachmatullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Mazaya Riskia Shabrina UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Umpan klik, Pengguna Media Online, Media Informasi

Abstract

Perkembangan arus globalisasi membawa banyak sekali perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah media informasi. Perubahan ini membuat media informasi terus berevolusi dalam memengaruhi lanskap media dengan menjaring media online. Seringkali judul-judul artikel yang tampil di media online terlalu berlebihan bahkan tidak sesuai dengan isi dari artikel tersebut. Fenomena ini sering disebut umpan klik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut judul-judul artikel yang mengandung umpan klik menurut perspektif pengguna media online. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Sampel pada penelitian kali ini adalah pengguna media online. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan lebih dari setengah pengguna media online tidak asing dengan kata umpan klik. Akan tetapi, masih banyak pengguna media online yang belum memahami berita umpan klik dalam konteks yang sebenarnya. Tidak hanya itu, meskipun umpan klik dianggap manipulasi atau jebakan, masyarakat terutama pengguna media online justru sadar bahwa mereka membaca artikel atau berita yang berjudul umpan klik untuk memenuhi rasa penasaran dari sensasi yang ditimbulkan oleh judul umpan klik tersebut.

References

Elga Setianingcahya, 122050034, ‘TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE DALAM MEDIA ONLINE( Studi Deskriptif Kualitatif Majalah Destinasia Di Bandung )’, 2017.

Hadiyat, Yayat D, ‘Clickbait Di Media Online Indonesia Clickbait on Indonesia Online Media’, 4.1 (2019), 1–10 <https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040101>

Jim Edwards, Copywriting Secrets: How Everyone Can Use the Power of Words to Get More Clicks, Sales and Profits . . . No Matter What You Sell or Who You Sell It To! | Jim Edwards | Download, ed. by Author Academy Elite, 2019 <https://id1lib.org/book/7220872/e541cf> [accessed 26 October 2021]

Muya Syaroh Iwanda Lubis, S.IKom, ‘MEDIA ONLINE EKSISTENSI DARI MEDIA CETAK DI KOTA MEDAN’, JurnalNetwork MediaNetwork Media, 1 (2018) <http://inet.detik.com> [accessed 18 October 2021]

Patrick Trusto Jati Wibowo, ‘Apa Itu Clickbait?’, 2021 <https://www.wartaekonomi.co.id/read347438/apa-itu-clickbait>

Rosyadi, ‘Apa Itu Clickbait Pengertian Penerapan Dan Bahayanya - Sengedan Blog’, 2017 <https://www.sengedan.com/2017/04/apa-itu-pengertian-clickbait.html> [accessed 18 October 2021]

Sandi dan Risa Dwi Ayuni, ‘Tren Umpan Klik Di Media Daring : Keselarasan Antara’, 1.2 (2018).

Saputro, Godham Eko, and Toto Eko Haryadi, ‘KOMIK STRIP DAN FENOMENA CLICKBAIT’, Titik Imaji, 2.1 (2019) <https://doi.org/10.30813/.v2i1.1528>

Shakespeare, William, ‘Toward a Media History of Documents’, 2014.

Syafieq, Ahmad, H Abdul Wahid, Risa Dwi Ayuni, Islam JL Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Adhyaksa No, and Kayu Tangi Banjarmasin, ‘Penggunaan Umpan Klik Pada Judul Berita Untuk Menarik Minat Pembaca’, 2020

Published
2021-12-30
Section
Articles