Abstract
Al-Qur'an berfungsi sebagai panduan hidup yang memberikan arahan menyeluruh mengenai norma-norma kehidupan manusia, yang dapat menghasilkan kehidupan yang nyaman, bahagia, dan sejahtera. Untuk itu, memahami dan mengamalkan ayat-ayat Al-Qur’an sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Muslim. Dengan demikian, dalam memahami dan mengamalkan ayat-ayat Al-Quran, maka dibutuhkan suatu metode, salah satunya metode Ilman Wa Ruuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Ilman Wa Ruuhan pada program pembelajaran Tahfidz di SDIT Teuku Umar Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana yang menjadi subjek penelitiannya ialah kepala sekolah dan guru tahfidz. Selanjutnya data di analisis melalui tiga tahapan yaitu penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian metode Ilman Wa Ruuhan dalam pembelajaran Al-Qur’an melibatkan integrasi antara ilmu membaca (Ilman) dan penguatan ruhiyah (Ruhan). Metode Ilman Wa Ruuhan tidak hanya fokus membaca Al-Qur’an secara keilmuan tetapi juga pada penguatan spiritualitas dalam pembelajaran Al-Qur’an. Pada proses belajar mengajar Al-Qur’an di SDIT Teuku Umar sudah efektif sehingga dengan adanya metode Ilman Wa Ruuhan maka terciptalah rasa cinta dan keinginan untuk menjadi generasi muslim yang memiliki Syakhsyiah Qur’aniyah dan juga siswa tidak hanya mampu menghafal ayat per ayat akan tetapi siswa dapat memahami makna dari Al-Qur’an itu sendiri, mampu mengamalkan serta menjaga hafalannya.
References
Addaudy, M. J. (2019). PengaruhModelPembelajaran Edutainment Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di RA “ABATASA” Yapuspenda Medan Tahun Ajaran 2019/2020 [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan]. http://repository.uinsu.ac.id/13474/
Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.
Al-Qaṭṭan, M. K. (2011). Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, diterjemahkan oleh Mudzakir. Jakarta: PT. Pustaka Litera AntarNusa.
Fadillah, F. (2023). MANAJEMEN PROGRAM TUNTAS BACA AL-QURAN DENGAN METODE ASY-SYAFII DI RUMAH TAHFIDZ ‘AISYIYAH MABAR. Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 4(3), 252–282.
Hakim, L. (2023). PENERAPAN METODE BELAJAR AL-QUR’AN ILMAN WA RUUHAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ROBBANI SINGOSARI MALANG [PhD Thesis, STAI_Mahad_Aly_Al-Hikam_Malang]. https://repository.staima-alhikam.ac.id/779/
Hidayah, S., & Zumrotun, E. (2023). Penggunaan Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 353–364.
Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 245–256.
Mulyani, H., & Maryono, M. (2019). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25–34.
Rahmawati, L. (2023). Tahsin Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin (Studi Analisis Penerapan Metode Wafa dan Metode Ilman Wa Ruuhan). https://idr.uin-antasari.ac.id/25751/2/AWAL%20.pdf
RASMANIAH, E. A. (2024). PERAN GURU QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPIT AL-MUMTAZ PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4514
Ritonga, A. S., & Nasution, A. F. (2023). Implementasi Program Tahfiz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 188–200.
Saimima, M. S., & Kaplale, T. (2023). Integrated Method Management ’Ilman Wa Ruuhan at Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) As Salam Ambon. 12 Waiheru, 9(1), 51–58. https://doi.org/10.47655/12waiheru.v9i1.92
Wajdi, F. (2010). Tahfiz al-qur’an dalam kajian ‘ulum al-qur’an (studi atas berbagai metode tahfiz) [PhD Thesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2008]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26212
Yosi, Z. A. (2022). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Pembinaan Hafalan Qur’an Di Rumah Tahfidz Nasyiah Sukanegara Bangunrejo Lampung Tengah [PhD Thesis, IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7700/

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.