Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Musa as

(Studi Tafsir Tarbawi Qs. Al-Kahfi (18): 60-82 dalam Tafir Al-Azhar)

Keywords: Tafsir Tarbawi, Al-Qur’an, Nabi Musa, Tafsir al-Azhar

Abstract

Penelitian ini membahas studi tafsir tarbawi terhadap nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Qur’an melalui kisah Nabi Musa as. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi ruang kekosongan akademis dalam studi tafsir tarbawi serta untuk memperolah nilai-nilai pendidikan yang terangkum dalam Qs. Al-Kahfi (18) ayat 60-82. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research) yang menjadikan Al-Qur’an dan kitab tafsir al-Azhar sebagai referensi utama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Qs. al-Kahfi ayat 60-82 merangkum beberapa komponen pendidikan seperti metode, materi, tujuan, motivasi, nilai-nilai pendidikan, dan sebagainya. Dari kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir memiliki tujuan utama pendidikan, yaitu membimbing manusia agar memiliki akhlak mulia, berkompeten, kecerdasan, serta tanggung jawab terhadap keselamatan dan kesejahteraan dirinya serta masyarakat. Nilai-nilai pendidikan yang termaktub dalam kisah tersebut yaitu tawadhu, sikap tekun, bermanfaat untuk orang lain, memiliki kesabaran, dan kejujuran.

References

Al-Qur’an Kemenag Web, https://quran.kemenag.go.id/, Di Akses pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Amrullah, Abdulmalik Abdulkarim. Tafsir Al-Azhar. Jilid 6. Pustaka Nasional Pte Ltd, 1990.

Asykur, Muamar, Abustani Ilyas, H.M Hasibuddin Mahmud, Nashiruddin Pilo, And St Habibah. “Nilai-Nilai Perencanaan Pendidikan Islam (Kisah Nabi Musa As Bersama Nabi Khidir As ) Dalam Surah Al Kahfi Ayat 60-82.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, No. 02 (2022): 793–808. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V11i02.2237.

Bakah, Waffa Ruhul. “Etika Murid Kepada Guru Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 65 -70 Dan Implementasinya Pada Pendidikan Modern.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 9, No. 1 (2020): 93–108. Https://Doi.Org/10.24090/Jimrf.V9i1.4136.

Cohen, Louis, Lawrence Manion, And Keith Morrison. Research Methods In Eduation. New York: Routledge, 2018.

Davison, R. C.Richard, And Paul M. Smith. Quantitative Data Analyses. Research Methods In Physical Activity And Health. Sixth Edit. London And New York: Routledge, 2018. Https://Doi.Org/10.4324/9781315158501-17.

Farida Jaya. “Konsep Dasar Dan Tujuan Pendidikan Dalam Islam: Ta’lim, Tarbiyah Dan Ta’dib.” Jurnal Tazkiya Ix, No. 1 (2020): 63–79.

Fitriyah, Lailatul. Tafsir Tarbawi (Analisa Ayat-Ayat Pendidikan Dalam Al-Qur’an). Edited By Buna’i. Duta Media, N.D.

Harahap, M.A, Dr. Nursapia. Penelitian Kualitatif. Edited By Hasan Sazali. Medan: Wal Ashri Publishing, 2020.

Hardiyati, Mikyal, And Umi Baroroh. “Tujuan Dan Materi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran.” Jurnal Penelitian 13, No. 1 (2019): 97. Https://Doi.Org/10.21043/Jp.V13i1.4921.

Hidayah, Nur. “Penerapan Nilai Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Mubtadiin 2, No. 02 (2019): 31–41.

Izzudin, A. Tsabat. “Metode Pendidikan Agama Islam Dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Ibnu Katsir).” Iain Bengkulu, 2021.

Kirom, Abdul. “Konsep Pendidikan Persuasif Berbasis Pendekatan Andragogi Dalam Al-Qur’an Surat Al-Kahfi Ayat 60- 82.” Maharot: Journal Of Islamic Education 6, No. 2 (2022): 15.

Ma’zumi, Syihabudin, And Najmudin. “Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Sunnah : Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib Dan Tazkiyah.” Tarbawy : Indonesian Journal Of Islamic Education 6, No. 2 (2019): 193–209. Https://Doi.Org/10.17509/T.V6i2.21273.

Mudlofir, Ali. “Tafsir Tarbawi Sebagai Paradigma Qur ’ Ani Dalam Reformulasi Pendidikan Islam.” Al-Tahrir 11, No. 2 (2011): 261–80. Https://Doi.Org/10.21154/Al-Tahrir.V11i2.35.

Mujahidin, Anwar. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Tafsir Al-Qur’an. Kertosari, 2023.

Mutaqien, Itmam. “Kisah Nabi Musa Dengan Nabi Khidir Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam.” Islamika 4, No. 4 (2022): 812–24. Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V4i4.2160.

Nurrohmah, Mia Roswantika, And Ahmad Syahid. “Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Pendidikan Barat.” Attractive : Innovative Education Journal 2, No. 2 (2020): 34. Https://Doi.Org/10.51278/Aj.V2i2.48.

Putra, Aditya Kamajaya, And Agus Frianto. “Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja.” Bisma (Bisnis Dan Manajemen) 6, No. 1 (2018): 59. Https://Doi.Org/10.26740/Bisma.V6n1.P59-66.

Ridwan, Muhammad. “Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, No. 1 (2018): 26–44. Https://Doi.Org/10.31538/Nazhruna.V1i1.97.

Rosyidah, Aisyatur, And Wantini. “Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, No. 1 (2021): 1–17. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2021.Vol6(1).6222.

Sarnoto, Ahmad Zain, And Almaydza Pratama Abnisa. “Motivasi Belajar Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4, No. 2 (2022): 210–19. Https://Doi.Org/10.37680/Scaffolding.V4i2.1609.

Sundari. “Konsep Sabar Dalam Surat Al-Kahfi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Ibnu Katsir).” Iain Curup, 2018. Https://Www.Bing.Com/Search?Q=Nilai-Nilai+Pendidikan+Akhlak+Dalam+Al-Qur’an+(Studi+Penafsiran+Ibnu+Katsir+Tentang+Surat+Al-Isro’+Ayat+23-24)+(Staibsllg.Ac.Id)&Cvid=1abd9ea8def9415891896c6b5b163b02&Aqs=Edge..69i57.9857j0j9&Form=Anab01&Pc=U531.

Surianti. “Nilai-Nilai Moral Dalam Dialog Antara Nabi Musa As. Dan Khidir Pada Qs. Al-Kahfi Ayat 60-82.” Iain Palopo, 2022.

Syah, Ahmadterm Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Pendidikan Islam. “Term Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Pendidikan Islam.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 7, No. 1 (2008): 138–50. Https://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/Index.Php/Al-Fikra/Article/View/3786.

Syaripudin, Ahmad, Abas Asyafah, And Udin Supriadi. “Konsep Pendidikan Pada Kisah Nabi Khidir As Dengan Nabi Musa As Dalam Alquran Dan Implikasinya Terhadap Konsep Pendidikan Islam.” Tarbawy : Indonesian Journal Of Islamic Education 5, No. 2 (2019): 137–50. Https://Doi.Org/10.17509/T.V5i2.16750.

Syatri, Jonni, Reflita, Muhammad Fatichuddin, Imam Arif Purnawan, Harits Fadlly, Bisri Mustofa, Khikmawati, Ali Massaid, Nurkaib, And Amanullah Halim. Makkiy & Madaniy Periodisasi Pewahyuan Al-Qur’an. Edited By Muchlis Muhammad Hanafi. Jawa Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2017.

Thahir, A. Halil, And Ahmad Mughni Khoiruddin. “Pesan Moral Dibalik Kisah Nabi Musa Dan Nabi Khidir Dalam Qs. Al-Kahfi (Studi Atas Penafsiran Al-Razi Dalam Mafatih Al-Ghayb).” Qof: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 4, No. 2 (2020): 230–46. Https://Doi.Org/10.30762/Qof.V4i2.

Zaenuri, Ahmad. “Pendidikan Dalam Al-Qur ’ An (Konsep Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an).” Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam 2, No. 2 (2019): 19–31.

Published
2024-12-29
How to Cite
Rosna, M., & Fauziah, C. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Musa as: (Studi Tafsir Tarbawi Qs. Al-Kahfi (18): 60-82 dalam Tafir Al-Azhar). Basha’ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 135-146. https://doi.org/10.47498/basha’ir.v4i2.3786