4.0 في تقويم تعليم اللغة العربية بعصر صناعي (Kahoot) تحليل استخدام كاهوت
Abstract
This study aims to describe the use of Kahoot in the evaluation of Arabic learning. Technological advances which are currently in the industrial era 4.0 require educators to be more active and creative in choosing learning media, coupled with the current condition of Indonesia and several other countries which require online learning to prevent the spread of the Corona Virus Deases. This research was carried out using a qualitative descriptive approach through the literature study method. The results showed that Kahoot is a very easy, effective and interesting media to use in online-based Arabic learning evaluation activities. This application just can be implemented directly not for assignment. The features available in this application can be used to evaluate of listening skill, reading skill, and writing skill.
Keywords: Kahoot, evaluation, Arabic learning, digital era
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Kahoot dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab. Kemajuan teknologi yang saat ini berada pada era industri 4.0 mengharuskan para pendidik untuk lebih aktif dan kreatif dalam memilih media pembelajaran, ditambah lagi dengan kondisi Indonesia dan beberapa negara lain yang saat ini mewajibkan pembelajaran daring demi mencegah penyebaran virus covid-19. Penelitan ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kahoot merupakan salah satu media yang sangat mudah, efektif dan menarik untuk digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis online. Aplikasi ini hanya bisa dilaksanakan secara langsung, tidak dalam bentuk penugasan. Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini bisa digunakan untuk mengevaluasi maharah istima’, maharah qira’ah, dan maharah kitabah.
Kata Kunci: Kahoot, evaluasi, bahasa Arab, era digital