Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

ARTIKEL JURNAL ‘ARABIYYA

 

Jurnal ‘Arabiyya merupakan sebuah berkala ilmiah dalam bidang keguruan dan pendidikan dengan penekanan pada pendidikan Bahasa Arab, Sastra Arab dan Linguistik Arab. Berikut ini pedoman dan format penulisan artikel untuk Jurnal ‘Arabiyya:

  1. REDAKSI hanya menerima artikel yang ditulis dalam bahasa Arab. Tulisan yang belum memenuhi syarat akan dikembalikan untuk direvisi oleh penulisnya disertai dengan penjelasan dari tim editor. Ada dua kategori dasar artikel yang  diterima:
  2. Artikel riset penuh, yang melaporkan suatu riset menarik dan relevan. Dalam bagian diskusi supaya dilaporkan bahwa temuan-temuan riset memiliki relevansi yang tinggi dan memberikan kontribusi yang baru terhadap bidang pendidikan Bahasa Arab baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  3. Artikel non riset yang memberikan laporan rinci yang berhubungan dengan aspek-aspek pendidikan Bahasa Arab misalnya perencanaan kurikulum bahasa Arab, sastra Arab atau linguistik (ilmu bahasa) Arab. Diskusi yang dilakukan dalam artikel tersebut sangat baik sehingga dianggap memberikan kontribusi orisinil dalam bidang pendidikan Bahasa Arab, sastra maupun linguistik Arab. Sedangkan artikel yang hanya bersifat tinjauan literatur tidak dapat diterima, kecuali artikel tersebut merupakan “suatu karya seni” yang disusun secara komprehensif oleh seorang ahli yang sudah berpengalaman.
  4. Ketika menyerahkan artikel supaya dinyatakan apakah merupakan artikel riset penuh atau artikel non riset. Apabila artikel non riset, diharapkan penulis memberikan penjelasan sekitar satu paragraf mengenai relevansi artikel tersebut untuk para pembaca Jurnal ‘Arabiyya.
  5. Para penulis artikel untuk Jurnal ‘Arabiyya harus mengikuti standar internasional dalam penulisan dengan menggunakan sistem referensi American Psychological Association (APA) Edisi ke-6. Informasi lebih lanjut mengenai format dan sistem APA bisa didapatkan di http://www.apastyle.org/
  6. Artikel dapat dikirimkan ke: samsuartba@gmail.com
  7. Artikel ditulis dalam format MS Word (Microsoft Word Office) atau Rich Text Format (rtf).
  8. Jumlah halaman berkisar antara 15-25 halaman, spasi 1 menggunakan Sakkal Majalla, font untuk isi jurnal 18 dan font untuk footnote 14 (untuk artikel berbahasa Arab), untuk tulisan berbahasa Indonesia dan Inggris menggunakan Times New Roman font 12 untuk isi jurnal, spasi 1,5 dan font 10 untuk footnote, spasi 1. Diketik dalam kertas berukuran A4. Margin kertas, Atas 3 cm, samping kanan 3 cm, bawah 3 cm, dan samping kiri 3 cm.
  9. Kata kunci. Semua artikel harus menyertakan sekitar 2-4 kata kunci di bagian awal tulisan untuk memudahkan pencarian artikel dengan menggunakan kata kunci di masa mendatang.
  10. Grafik dan bagan dapat disisipkan pada badan tulisan atau dimasukkan di akhir tulisan. Grafik tidak boleh melebihi margin kertas A4.
  11. Format teks dalam bentuk italic, bold dan lain-lain dibuat seminimal mungkin.
  12. Setiap artikel harus disertai “abstrak” yang berisi ringkasan informasi poin-poin penting dalam artikel, yang mencakup tujuan penulisan artikel, kerangka teoritis, metodologi, jenis data yang dianalisis, informasi tentang subjek penelitian, temuan utama, dan kesimpulan. Abstrak harus merefleksikan keseluruhan artikel. Abstrak menggunakan 3 (Tiga) bahasa, yaitu Bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.