STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS HALAL DI ERA DIGITAL
Abstract
Pemasaran digital telah menjadi faktor kunci dalam keberhasilan bisnis, termasuk untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan penetrasi internet yang semakin tinggi, UMKM perlu mengadopsi strategi pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing dan penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang efektif bagi UMKM di Indonesia guna meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan analisis kualitatif terhadap implementasi pemasaran digital di beberapa UMKM di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang dapat meningkatkan penjualan UMKM antara lain meliputi pemanfaatan media sosial, pemasaran berbasis konten, iklan digital, serta optimalisasi platform e-commerce. Selain itu, pentingnya peningkatan keterampilan digital bagi pelaku UMKM dan penguatan koneksi antara UMKM dengan konsumen melalui platform digital menjadi faktor penentu keberhasilan. Dengan menerapkan strategi pemasaran digital yang tepat, UMKM di Indonesia dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas, dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan penjualan yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pelaku UMKM dan pemangku kepentingan untuk lebih mengoptimalkan potensi pemasaran digital dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif.
References
Agustina, E. S. (2022). Regulasi Kebijakan Bisnis Indonesia. Jawa Tengah: Eurika Media Aksara .
Faraby, M. E., & Rozi, F. (2021). Potensi Kabupaten Bangkalan Menjadi Destinasi Wisata Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 67–74.
Fatma, N., Najib, M., & Yasid, M. (2019). Pengaruh Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Shampo Sari Ayu Hijab) PT. Martina Berto. Tbk. Martha Tilaar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), 277–291.
Hariani, H. S. C. (2021). Digital Marketing Bagi UMKM. Bandung: Media SAINS Indonesia.
Imsar. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan. Universiats Islam Negeri Sumatera Utara.
Kertajaya, M. S. H. (2016). Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Kistari, F. A., & Marlena, N. (2022). Analisis SWOT sebagai Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha Sentra UKM Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. 6, 14595–14605.
Kotler, P. H., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management (14th ed.). New York: Prentice Hall.
Kristiana Ida, Judijanto Loso, Putri Nindya Andien. (2024). Pengaruh Inovasi Keungan Digital Terhadap Model Bisnis Peusahaan Keuangan Tradisonal: Tinjau Terhadap Perubahan Regulasi Dan Pengalaman Pengguna. JURNAL DARMA AGUNG, 420-411.
Muliza, M. (2024). Determinan Penggunanan Digital Banking Pada Generasi Y Dan Generasi Z Muslim Di Kota Banda Aceh. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 13(02), 252-260.
Muliza, M. (2022). Pengaruh Dana Desa dan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Aceh. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1-11.
Nugrahani, D. S. (2021). E-commerce Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Dan Menengah. SEGMEN: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1–16.
Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu. Jurnal Qiyas, 3(1), 155–162.
Puspaningtyas, M., Sulastri, S., & Putri, D. M. (2020). Sertifikat Halal Bagi Produk Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Citra UMKM di Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 101. https://doi.org/10.30999/jpkm.v9i2.647.
Qardhawi, Y. (2000). Halal dan Haram dalam Islam. Surabaya: Era Intermedia.
Rauf, S. O. A. (2016). Digital Marketing Konsep Strategi. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Sukoso, W. A., Kusnadi, J., & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal. Bank Indonesia.
Supriadi, Y. (2019). Pengaruh kebijakan labelisasi halal terhadap hasil penjualan produk. Jakarta: Universitas Indonesia. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/QIYAS/article/view/1310/1102
Copyright (c) 2024 Dewi Primadona Siregar, Juliana Putri juliana putri
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.