SISTEM PEMBAYARAN NONTUNAI BERBASIS DIGITAL DI KABUPATEN ACEH BARAT

  • Annisa Mellani STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Nina Eka Putri STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Sistem Pembayaran; Nontunai; Berbasis Digital

Abstract

Sistem pembayaran adalah suatu sistem yang mencakup mekanisme dan instrumen yang digunakan untuk pembayaran guna pemindahan uang dari satu pihak ke pihak lainnya serta lembaga yang berperan dalam sistem pembayaran itu sendiri.Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field study research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data sumber data terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul digambarkan dan dijabarkan secara jelas sesuai dengan fakta di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan sistem pembayaran nontunai berbasis digital di Kabupaten Aceh Barat telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi dan kemudahan transaksi bagi masyarakat setempat. Masyarakat tidak perlu lagi repot membawa uang tunai dalam jumlah besar, memudahkan penyedia layanan sistem pembayaran nontunai dalam melakukan transaksi. Dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital, transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan aman, baik untuk pembelian barang maupun pembayaran jasa layanan. terdapat beberapa tantangan dalam implementasi sistem pembayaran nontunai terkait dengan jaringan internet, infrasturktur internet yang belum merata dan seringkali tidak stabil dapat menyulitkan proses transaksi nontunai. Selain itu, di beberapa toko adanya pemotongan biaya administrasi karena penggunaan nomor rekening di bank yang berbeda atau bank konvensional. Sehingga, pemotongan biaya administrasi dapat menjadi beban tersendiri terutama bagi masyarakat dengan ekonomi terbatas.

Kata kunci:Sistem Pembayaran, Nontunai, Berbasis digital

References

Achadi, A dan Winarto, H. 2020. Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Risiko dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan layanan Go- Pay. Purwokerto : Wijaya Kusuma.
Alamsyah, A. 2018. Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap minat masyarakat menggunakan sistem pembayaran nontunai di Inodenesia . Semarang : Gramadia.
Anotimus. 2024. Perkembangan Mobile Banking di Indonesia. Simatupang : Arcadia.
Agustinova, Eko Danu. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Calpulis.
timeLayanan Perbankan di PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Siteba. Padang : Cv. PB Amerta.
Austik, Triyani Febry. 2023. Efektivitas Penggunaan QRIS Aplikasi Mobile Banking BSI oleh UMKM BINAAN Bank Syariah Indonesia. Skripsi UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq.
Chairunnisa, Silvira. 2023. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Keamanan Terhadap Minat Masyarakat Dalam Bertransaksi Menggunakan Layanan Pembayaran Digital QRIS. Skripsi Universitas Medan Area.
Febrinda, Rizky Ramadini.2022. Kesiapan Digitalisasi Sistem Pembayaran Non Tunai Di Pasar Rakyat.Universitas Asahan.
Grana, Yudistira K. 1999. Metode Penelitian: Pendekatan Kualitatif. Bandung : Primatno Akademik.
Herlen, Astri Tania. 2021. Implementasi Kebijakan Transaksi Non- Tunai Pemerintah Daerah di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Lauden, Kenneth C. dan Carol Guercio.2018. Transaksi e-commerce serta metode pembayaran nontunai dalam konteks bisnis online.Jakarta: Gramadia
Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam.Bandung: Rosda Karya.
N.Venkatesh. 2019. Dompet digital dan model bisnis dibalik transaksi pembayaran online. Jakarta:Gramedia
Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha lmu.
Rahardjo, A dan Utama D. 2017. Pengaruh faktor eksternal terhadap adopsi sistem pembayaran nontunai di kalangan usaha kecil menengah. Jakarta. Bumi Aksara
Rifai, Ahmad. 2018. “ Penerapan Sistem Pembayaran Nontunai di Era Digital”. PT.Pustaka Digital.
Sugiono. 2016. Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung : Alfabeta
Susanto, H. 2018. Analisis Perkembangan sistem pembayaran nontunai di Indonesia.Jurnal Teknologi informasi dan komputer. Bandung. Mega Makmur Sentosa.
Tazkiyyaturrohmah, Rifqy. 2018. Eksitensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Jurnal IAIN Punogoro.
Usman, Husaini .2006. Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara
Wulandari, Ayu. 2021. ”Pemberdayaan UMKM melalui Pembayaran Digital”. Journal of small Bussiness Empowerment .
Published
2024-08-22