RELEVANSI STRATEGI PROMOSI PRODUK GADAI EMAS DALAM PENINGKATAN VOLUME JASA PENJUALAN PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG MEULABOH

  • Rahmi Wahyuni STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Inayatillah
  • Mikhral Rinaldi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Strategi Promosi, Produk Gadai Emas, Volume Jasa Penjualan

Abstract

Promosi merupakan salah satu kegiatan perusahaan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Dampak promosi terhadap peningkatkan volume penjualan di Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh sangat signifikan. Peningkatan jumlah nasabah menjadi indikator utama meningkatnya volume penjualan produk di Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi produk gadai emas dalam meningkatkan volume penjualan di Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh dan dampak promosi terhadap peningkatkan volume penjualan di Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan penentuan subjek penelitian sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dan teknik analis data dilakukan dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi produk gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh dilakukan dengan beberapa jenis di antaranya promosi marketing officer (bekerjasama dengan instansi lain). Strategi promosi juga dilakukan melalui periklanan produk yang dilakukan melalui pamlet/baliho dan brosur, sales promotions (promosi penjualan) dengan memberikan harga khusus gadai, public relation (publisitas) dengan ikut serta dalam kegiatan expo dan festival UMKM, word of mouth yang dilakukan oleh nasabah Pegadaian Syariah  Cabang Meulaboh serta promosi melalui website, story WhatsApp, facebook dan youtube. Pelaksanaan promosi gadai emas oleh Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh sangat berdampak bagi volume penjualan produk gadai emas. Peningkatan penjualan produk tersebut terlihat peningkatan jumlah nasabah gadai emas semenjak 5 tahun terakhir, rata-rata peningkatan pertahun berkisar 20%-30%. Hingga tahun 2023 nasabah Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh pada produk gadai emas mencapai 1.500 orang.

References

Abubakar, Rifa’i, Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2021.
Ardiansyah, Iwang Bayu dkk, Upaya Peningkatan Volume Penjualan Sepeda Motor Yamaha Melalui Periklanan (Studi Pada Dealer Sepeda Motor Yamaha Armada Pagora Jaya Tulungagung), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 15 No. 1 Oktober 2014.
Azizah, Nisa Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Produk Thai Tea (Studi Kasus Pada Zamzamtime Purwokerto), UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2021.
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima.
Fatihudin, Didin dan M. Anang Firmansyah, Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan, Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2019.
Firmansyah, M. Anang, Komunikasi Pemasaran, Pasuruan: Penerbit Qiara Media, 2019.
Habiburrahman, M., dkk, Mengenal Pegadaian Syariah, Jakarta: Kuwais, 2012.
Haque-Fawzi, Marissa Grace, dkk, Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi, Tangerang Selatan: Pascal Books, 2022.
Hedynata, Livia dan Wirawan E.D.Radianto, Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack, Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 1, Nomor 1, April 2016.
Hendrayani, Eka dkk, Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep), Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.
Idris, Muhammad, 9 Produk Pegadaian Syariah yang diklaim antiriba, diakses melalui https://money.kompas.com, Tanggal 10 Januari 2023.
Kanita, Maya, Strategi Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Buku Penerbit Erlangga Di Kota Palangka Raya, Skripsi IAIN Palangka Raya, 2019.
Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
M.Echols, John dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2003.
Marentek, Mikke R. dkk, Komunikasi Pemasaran, Manado: Polimdo Press, 2020.
Nazarudin, Manajemen Strategik, Palembang: Amanah, 2020.
Novitasari, Devi dan Samari, Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleholeh Gudange Tahu Takwa, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran) Vol. 6 No. 1, h. 57, diakses melalui http://journal.stieken.ac.id, Tanggal 9 Januari 2023.
Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.
Rahayu, Puji Astuti, Analisis Atas Peningkatan Volume Penjualan yang dipengaruhi oleh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017), Jurnal Skripsi kampus Universitas Komputer Indonesia, diakses melalui https://elibrary.unikom.ac.id, Tanggal 10 Januari 2023.
Sa’adah, Faridatun, Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Pegadaian Syariah, Jurnal: Al-Iqtishad, Vol. I, No. 2, Juli 2009.
Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Ponorogo: Nata Karya, 2019.
Sitorus, Onny Fitriana dan Novelia Utami, Strategi Promosi Pemasaran, Jakarta: FKIP UHAMKA, 2017.
Syafei, Rachmat, Fiqih Muamalah, (Bandung: Pustaka Setia, 217), h. 160
Syaikhu, dkk, Fikih Muamalah Memahami Konsep dan Dialektika Kontemporer, Yogyakarta: K-Media, 2020.
Tasnim, dkk, Komunikasi Pemasaran, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Wati, Andy Prasetyo dkk., Digital Marketing, Malang: Edulitera, 2020.
Yasyin, Sulchan, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah, 2007.
Yolanda dan Darmanitya Harseno Wijanarko, Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Merek Aqua Serta Implikasinya Terhadap Citra Merek di Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur, Jurnal Manajemen, Vol. 06. No. 1, 2018.
Published
2023-12-06