PEMETAAN SKEMA SPIN OFF (UUS) UNIT USAHA SYARIAH BUK

  • M Aditya Ananda STAIN TEUNGKU DIRUNDENG
Keywords: Kata Kunci: Aset, pemisahan, Bank

Abstract

Abstrak

kewajiban spin off (pemisahan) UUS BUK (Bank umum konvensional) yang awalnya memiliki tenggat waktu hinga pertengahan 2023 terjadi penyesesuaian melalui UU PPSK. UU tersebut melimpahkan ketentuan pemisahan UUS kepada Otoritas Jasa Keuangan melalui POJK no. 12 Tahun 2023. Inti pemisahaan UUS pada POJK tersebut adalah, UUS yang memiliki aset 50% dari BUK atau telah mencapai aset 50 triliun, maka wajib dipisahkan. Secara historisnya, kehadiran Bank Umum Syariah baik melalui pemisahan maupun lainnya telah berlangsung beberapa kali yang hingga saat ini telah mencapai 13 Bank Umum Syariah. Yang demikian ini  dapat dirangkum setidaknya 5 (lima) skema. Skema yang dimaksud pada artikel ini ialah suatu model, pilihan maupun rancangan untuk mencapai tujuan yaitu membentuk Bank Umum Syariah. Skema pertama,  yaitu konversi BUK menjadi BUS (Bank Umum Suariah), skema ini sebagaimana yang dilakukan oleh Bank Mandiri Syariah yang saat ini telah bersalin rupa menjadi Bank Syariah Indonesia, Bank Mavbank Syariah yang kini menjadi Bank Aladin Syariah. Adapun Skema kedua, Konversi BUK yang memiliki UUS menjadi BUS sebagaimana dilakukan oleh Bank Aceh Syariah, Bank NTB Syariah dan Bank Riau Kepri Syariah. Skema ketiga, yaitu BUK atau afiliasinya mengakuisisi BUK lain dan diubah menjadi BUS, skema ini dilakukan oleh Bank mega Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Victoria Syariah dan Bank BCA Syariah. Selanjutnya skema keempat yaitu akuisisi BUK dan dikonversi menjadi BUS kemudian digabung dengan UUS sebagaimana BRI Syariah yang kini telah melebur kedalam Bank Syariah Indonesia. Disamping BRI Syariah, skema ini juga digunakan oleh Bank Syariah Bukopin dan BTPN Syariah. Dan terakhir, skema kelima, yang dilakukan oleh Bank BJB Syariah.

Kata Kunci: Aset, pemisahan, Bank 

References

DAFTAR PUSTAKA
Dwi Martani, Taufik Hidayat, Agustin Setya Ningrum, Teguh I Maulana, Akutansi keuangan Lanjutan 1, Edisi 2, Penerbit Salemba empat
Kajian Konversi , Merger, Holding, dan Pembentukan Bank BUMN Syariah, komite Nasional Keuangan Syariah, halaman 40 tahun 2019.
Laporan Keuangan Publikasi Bank BTPN Tahun 2013
Laporan Keuangan Publikasi kuartal IV 2015 Bank Aceh
Laporan Keuangan Publikasi BJB Syariah 2010
Laporan Tahunan Bank Aceh tahun 2016
Laporan Tahunan Bank BCA Syariah Tahun 2010
Laporan Tahunan Bank BJB Tahun 2010
Laporan Tahunan Bank BNI 2010
Laporan Tahunan Bank Bukopin Syariah 2022
Laporan Tahunan Bank Mandiri Tahun 1999
Laporan Tahunan Bank Mandiri Syariah Tahun 2020
Laporan Tahunan Bank Maybank Syariah tahun 2018.
Laporan Tahunan Bank Mega Syariah 2022
Laporan Tahunan Bank Muamalat Tahun 2022
Laporan Tahunan Bank Panin Tahun 2008
Laporan Tahunan Bank Panin Tahun 2009
Laporan Tahunan Bank Syariah Indonesia Tahun 2022
Laporan Tahunan Bank Victoria Tahun 2007
Laporan Tahunan BTPN Syariah 2014
POJK no 12 Tahun 2023 Tentang unit Usaha Syariah
Statistik Perbankan Syariah juni 2023
Published
2023-12-06