STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DAN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KOMUNITAS EKSPOR KOPI ARABICA DI KABUPATEN ACEH TENGAH
Abstract
Kehadiran kopi Arabica Gayo kini telah menjadi varitas yang begitu diminati baik para pecinta kopi lokal dan dunia, hadirnya varian kopi ini tentu telah memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat sekitar khususnya para petani dan pelaku usaha UMKM dalam meningkatkan kualitas kopi Arabica. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi serta kendala UMKM dalam meningkatkan kualitas komunitas ekspor kopi arabika di Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus. Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat serta dapat menjadi masukan bagi pemerintah dan Lembaga Keuangan Baik bank dan Non bank untuk terus focus dalam memberikan akses permodalan yang cukup bagi petani, pelaku UMKM dan koperasi guna mendongkrak kualitas produksi kopi Arabica Gayo yang unggul sebagai salahsatu produk filantropi Indonesia untuk dunia.
References
Ari Ari Fattarani, dkk, (2017), Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Kopi Arabika, studi kasus: Usaha “Kampung Kupi Gayo”. Kabupaten Aceh Tengah. Dalam jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, Vol, 2, No, 4, Nov.2017.
M. Fahmi, A. Baihaqi,(2013), Analisis Strategi Kopi Arabika “Bergendaal Koffe” di Kabupaten Bener Meriah.
Siska Fibriliani Sahat, (2016), Analisis Pengembangan Ekspor Kopi Di Indonesia.
Heri Cahyo Bagus Setiawan (2020), The Alternative Blue Ocean Strategy: Bagaimana Strategi Perusahaan Industri Kopi Santri Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis.
Marahadi, Irawan (2021) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Arabika Di masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus Kopi Gayo Atulintang). (studi Kasus kopi gayo Atulintang, Jurnal AKAMI, Vol, 2, No,2, Hal. 387-401.
Riyanthi Idayu,dkk (2021) Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. (dalam Jurnal Manajemn STIE Muhammadiyah Palopo vol 7 no 1 juni 2021).
Rina Fiati, (2016), Strategi Pengembangan Jaringan Usaha UMKM Pigura Kaligrafi Memasuki Pasar Ekspor.(dapat di lihat dalam jurnal DIANMAS, vol 5, no 1, April 2014)
Retno Rahmawati Pratiwi, (2016), Hambatan dan Strategi Pengembangan Usaha Tani Kopi dalam Upaya Peningkatan Produksi.
Arief Darmawan (2021) Penerapan rantai Nilai Global Sebagai Strategi Peningkatan Ekspor Produksi Kopi. (dalam Jurnal Ilmiah Manajemen, vol XII, no 1, maret 2021).
Arinal Hamni (2013) Potensi Pengembangan Teknologi Proses Produksi Lampung. (dalam jurnal Mechanical, vol 4, no 1, Maret 2013
Desi Ratna Sari (2016) Analisis Posisi Ekspor kopi Indonesia Di pasar dunia.
Sari Nalurita (2014) Analisis Daya Saing dan Startegi Pengembangan Agribisnis Kopi Indonesia. (dalam jurnal Agribisnis Indonesia, vol 2, no 1, hal 63-74, juni 2014).
Jusmer sihotang (2013), Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor kopi indonesia di pasar internasional.
N Juliaviani (2016) Analisis Efesiensi Pemasaran Ekspor Kopi Arabika Gayo Din provinsi Aceh.
Afriamah (2021), Faktor-Faktor yang Mempengaruhivolume Ekspor Kopi dari Kabupaten Aceh Tengah ke Amerika, vol. (3) no.1.
Peggi Epaga (2019), Analisis Nilai Tambah Agroindustri Pengolahan Kopi Arabika Ekspor Di Kabupaten Aceh Tengah (Studi Kasus pada KSU Sara Ate, Vol. 4 No.1).
Noratun Juliaviani (2021) Analisis Pemasaran Kopi Arabika Gayo Di Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh, Vol (22) no. 2.
Wais Alqarni (2020) Peran Pemerintah Aceh Dalam Mendukung Standarisasi Kopi Menurut Konsep Value Chain Governance Vol. 1, Issue 2.
Arinal Hamni (2013), Potensi Pengembangan Teknologi Proses Produksi Kopi Lampung, Vol. (4), no.1.
Rina Fiati (2016), Strategi Pengembangan Jaringan Usaha UMKM Pigura Kaligrafi Memasuki Pasar Ekspor, Vol. (5), No. 1.
Z Akbar (2020), Identification of Gayo Arabic Coffe beans and Powder Using the FTIR-PCA combination method.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal AT-TASYRI' dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal AT-TASYRI', baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.