DETERMINAN INTENSI PERILAKU MUSLIM KOTA BANDA ACEH BERDONASI MELALUI DIGITAL PAYMENT

  • Salsa Dinda Sulisdika
  • Teuku Muhammad Syahrizal Universitas Syiah Kuala
  • Eka Nurlina Universitas Syiah Kuala
Keywords: Digital Payment, Intensi Berdonasi, Pengetahuan, Kepercayaan, Motivasi, Kemudahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan intensi perilaku muslim Kota Banda Aceh berdonasi melalui digital payment baik secara simultan maupun parsial. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis convenience sampling dan dianalisis menggunakan metode analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap intensi masyarakat berdonasi melalui digital payment. Sedangkan variabel kepercayaan dan kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi berdonasi masyarakat Kota Banda Aceh berdonasi melalui digital payment. Adapun secara simultan, variabel pengetahuan, kepercayaan, motivasi, dan kemudahan memberikan pengaruh signifikan terhadap intensi masyarakat berdonasi melalui digital payment. Oleh karenanya, untuk meningkatkan minat masyarakat dalam berdonasi melalui digital payment, penyedia aplikasi dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kepercayaan dan kemudahan dalam menggunakan digital payment untuk berdonasi. 

References

Al Athar, M. D. (2021) Intensi Generasi Milenial dalam Membayar Zakat melalui Digital Payment. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin Jakarta.

APJII. 2020. Laporan Survei Internet APJII. https://www.apjii.or.ido. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2021.

Aptika.kominfo.go.id.https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/

Amalia, H. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Dana Donasi. Jurnal Perspektif, 15(1), 1-6.

Amalia, N. (2020) Faktor-faktor yang Memengaruhi Milenial Berdonasi Online melalui Crowdfunding Platform: Studi Kasus Kitabisa.com.

Amalina, R. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, dan Media Sosial terhadap Minat Masyarakat Berdonasi Via Platform Crowdfunding Kitabisa.com (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Aziz, I. A., Nurwahidin, N., & Chailis, I. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1).

Astuti, I. S., & Nugroho, E. S. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Menggunakan Aplikasi Dompet Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 13(1), 26-36.

Barthelemy, F. (2019). Strategi Komunikasi Crowdfunding melalui Media Sosial JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 21(2), 155-168.

Hidayat, A. A. A. (2019). Platform Donasi Online dan Filantropi Digital (Kajian Aktivitas Filantropi dan Komodifikasi Kampanye Sosial melalui Kitabisa. com). (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Kurniaputri, M. R., Dwihapsari, R., Huda, N., & Rini, N. (2020). Intensi Perilaku dan Religiusitas Generasi Millenials terhadap Keputusan Pembayaran ZIS melalui Platform Digital. EQIEN: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 15-22.

Majid, M. S. A. (2017). The Motivation of Muzakki to Pay Zakah: Study at the Baitul Mal Aceh. Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(April), 159-176

Nata, A. (2018). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Pranada Media

Novalika. (2016). Pengetahuan, Kemampuan, dan Loyalitas terhadap Kinerja Karyawan di Dinas kebudayaan dan Pariwisata provinsi Sumatera Selatan. Skripsi. Palembang. Jurusan Manajemen. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Pengertian kemudahan melalui https://kbbi.web.id/ (diakses 27 Januari 2022)

Perestroika, Y. S. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Penggalangan Donasi pada Yayasan Gerakan Nurani Orang Tua Asuh (GN-OTA) Kabupaten Lumajang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Prathama, F. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Konsumen e - Commerce Lazada. Agora, 7(1).

Rahman, A. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online” (Studi Kasus pada Pegguna Situs Jual Beli “Z”) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Rohmah, I. L., Ibdalsyah, I., & Kosim, A. M. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Berdonasi, Dan Efektifitas Penyaluran Menggunakan Fintech Crowdfunding terhadap Minat Membayar Zakat, Infaq, Shadaqoh. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 42-51

Ramadhan, R. (2016). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kredibilitas, dan Persepsi Harga pada Niat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking di Bank Syariah Mandiri Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Schwienbacher, A., & Larralde, B. (2010). Crowdfunding of Small Entrepreneurial ventures. Handbook of entrepreneurial finance, Oxford University Press, Forthcoming.

Susanti, V., & Hadi, C. M. Si. (2013). Kepercayaan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Gadget Secara Online. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 2(01).

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60-75.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Wisal, J. S. F. (2013). Hubungan Antara Motivasi Dengan Intensi Membeli pada Konsumen Tas Branded. Calyptra, 2(2), 1-27.

Wulandari, N. A., & Ratnasari, R. T. (2020). Pengaruh Norma Subjektif terhadap Niat Beli Konsumen Non-muslim pada Produk Makanan Halal di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(4), 687-695.

Wong, D. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrity terhadap Trust, serta Implikasinya terhadap Partisipasi Pelanggan E-commerce: Studi Kasus pada Pelanggan e-commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155-168.

Yusup, P. M., Komariah, N., Prahatmaja, N., & Samson, C. M. S. (2019). Pemanfaatan Internet Untuk Penghidupan di Kalangan Pemuda Pedesaan. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 217-227.

Zaki, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, Religiusitas, dan Motivasi terhadap Minat Masyarakat dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Aceh Selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Zulfian, D. M. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Berdonasi Secara Online Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Published
2022-06-27
How to Cite
Salsa Dinda Sulisdika, Teuku Muhammad Syahrizal, & Nurlina, E. (2022). DETERMINAN INTENSI PERILAKU MUSLIM KOTA BANDA ACEH BERDONASI MELALUI DIGITAL PAYMENT. AT-TASYRI’: JURNAL ILMIAH PRODI MUAMALAH, 14(1), 87-99. https://doi.org/10.47498/tasyri.v14i1.1096