STRATEGI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

  • Shinta Ikrana Maharani UIN SATU TULUNGAGUNG
  • Chusnul Chotimah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sulistyorini UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Strategy, Principal, Teacher, Profesionalism

Abstract

The main problem facing education today is the low quality of human resources and the inability of educational actors to keep up with the progress of science and technology in the era of globalization. Quality competition is something that is very urgent that must be met by schools, therefore what needs to be done is to improve the quality of human resources. The quality of human resources can be seen from the intellectual, spiritual, creativity, morality and responsibility aspects. Writing this article aims to find out the principal's strategy in improving teacher competence in terms of pedagogical, professional, personal and social competence. This article uses the literature study method. The results of the research show that the principal's strategy is to improve teacher competence through empowerment carried out by educational supervisors.

References

Akdon,(2006). Strategik Manajemen fo Educational Management: Manajemen Startegik untuk Manajeen Pendidikan, Bandung : Alfabeta
Anwar Sutoyo, Pemahaman Individu Observasi,checklist, interview, Kuisioner, Sosiometri.
Ahmad Calam & Amnah Qurniati (2016)., Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah SAINTIKOM, Vol 15. N0 1.
Amin, M., Suci Larasati, S., & Fathurrochman, I. (2018). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI SMP KREATIF ‘AISYIYAH REJANG LEBONG. Journal LITERASIOLOGI, 1(1), 103–121.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Bafadal, Ibrahim. 2005. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, Burhan, (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta Kencana Prenada Media Group.
Burhanudin, Yusak. (2005), Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan. (2002). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif ,Bandung, Pustaka Setia. Departemen Pendidikan Nasional, (2009). Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan
Pengawas. Jakarta: Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan
Tenaga Kependidikan.
Fajri Z Em, Senja R.A (Edisi Revisi) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia: Aneka Ilmu Difa Publisher.
Fathurrochman, I. (2017a). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah / Panti Asuhan Anak Soleh Curup Irwan Fathurrochman A . Pendahuluan Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri . Sebagai lemba. Tadbir, 1(01).
Fathurrochman, I. (201b). Pengembangan kompetensi pegawai aparatur sipil negara ( asn ) sekolah tinggi agama islam negeri ( stain ) curup. Manajer Pendidikan, 11(21), 120–129.
Ibrahim Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara,2013.
Khaldun, IBNU and Hidayat, Hidayat and Widdah, Minna El, Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Professional Guru. 2021.
Louisell D, Robert & Jorge Descamps. (1992). Developing a Teaching Style. New- York. HarperCollins Publishers.
Lubis Grafura, Strategi Implementasi Pendidikan, Jakarta : Prestasi Pustakaraya, 2014.
Muhammad Hadi, Djailani AR, Sakdiah Ibrahim, Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Min Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kab Aceh Besar. JAP, Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 4 No. 2. 2014.
Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Mariana, strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Mts Negeri Lubuk Pakam, Skripsi, Uin Sumatra UtaraMedan. 2017.
Maryono. 2011. Dasar-dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media.
Mudrajad Kuncoro, Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta : Erlangga, 2006.
Moh. Nazir, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Muhamad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta : Arruzz Media, 2017.
Musa Hubeis dan Mukhamad Najib, Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi, Jakarta : Elex Media Komputindo, 2014.
N.A. Amantombun, Guru Dan Administrasi Sekolah Pembangunan, Bandung : FKIP, 2008. Nata Abudin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : kencana, 2010.
Tesis. Jambi: MPI Pasca Sarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,2011.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaful Bahri Djamarah, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997.
Sedarmayanti, Manajemen Strategi, Bandung : PT Refika Aditama, 2014.
Siagian P. Sondang, Manajemen strategi, Jakarta : Bumi Aksara, 2004
Syaiful Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung : Alfabeta, 2013
Published
2023-07-02
Section
Articles