Publication Ethics

Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian dan studi teori tentang Pendidikan Dasar  yang berfokus pada lima topik, yaitu 1) Konsep Pendidikan Dasar, 2) Kurikulum Pendidikan Dasar, 3) Pembelajaran Pendidikan Dasar, 4) Model dan Metode Pendidikan Dasar, da  5) Evaluasi Pendidikan. Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal penelitian hasil tautan meliputi pengelola, editor, mitrabestari, dan penulis. Pernyataan kode etik publikasi ilmiah ini berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Etika publikasi ilmiah menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi. Dalam rangka menghindari plagiarisme, setiap naskah yang masukakan diperiksa lebih lanjut dengan aplikasi plagiarism checker.