Snakes and Ladders Game: an Effort to Boost Students' Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.47498/dicis.v5i.4890Keywords:
Learning Outcome, Snake and Ladders Game, Spatial Shapes, MathematicsAbstract
This study aims to evaluate student learning outcomes through the use of the Snakes and Ladders game. This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in cycles, including the stages of planning, action, observation, and reflection. The study was carried out in the 5th-grade class at MIN 15 Aceh Barat during the first semester of the 2022/2023 academic year. The sample comprised 22 students. Data collection techniques included observation, testing, and documentation, with data analyzed descriptively and qualitatively. The results indicate that: (1) The classical student learning outcomes in the pre-cycle were 0%, increased to 31.82% in Cycle I, and further improved to 86.36% in Cycle II, reaching a good category. (2) The teacher's ability to use the Snakes and Ladders game was rated as fairly good in Cycle I at 2.9 and improved to 3.5 in Cycle II, categorized as good. (3) Student responses to learning with the Snakes and Ladders game were positive, with an average percentage of agreement and strong agreement at 96.4%. It can be concluded that student learning outcomes can be enhanced through the use of the Snakes and Ladders game in teaching spatial shapes at MIN 15 Aceh Barat.
References
Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media permainan ular tangga berbasis misi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1869–1875. Diambil dari https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5743
Anggri, N., & Wathon, A. (2022). Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 5(1), 29–50. Diambil dari https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/132
Anisa, W. N., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(1), 427–439. Diambil dari https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/11936
Anniza, M., Ramadianti, W., & Riwayati, S. (2024). Metode Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Siswa Kelas II Di SD Negeri 22 Kota Bengkulu. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 91–96. Diambil dari http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1183
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Aulia, D., & Syahid, A. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SMAN 06 Bombana. Journal of Gurutta Education, 2(2), 18–29. Diambil dari http://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/download/1350/1541
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., … Resi, B. B. F. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Bahiroh, A., & Sari, A. D. I. (2023). Systematic Literature Review: Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 51–60. Diambil dari https://ejournal.warunayama.org/index.php/trigonometri/article/view/1648
Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019/2020. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50. doi: 10.55115/edukasi.v2i1.1391
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan percaya diri anak dengan permainan ular tangga edukasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630–638. Diambil dari https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/405
Grady, M. K., Karnadi, H., & Yulianto, Y. H. (2014). Perancangan Game Edukasi Cerita Rakyat Malin Kundang Untuk Anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 15.
Hafinda, T. (2022). KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU: TPACK PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MI/SD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 158–168.
Halidah, F., Aini, I. I. N., Ernawati, N., Juhaeni, J., Faizah, L., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 64–74. Diambil dari https://journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/306
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19–33.
Haris, I. (2022). Penggunaan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(2), 33–37. Diambil dari https://syadani.onlinelibrary.id/index.php/JS/article/view/7
Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/37872
Kurniadi, G. (2021). Penggunaan Media Permainan Edukatif “Ular Tangga Matematika” Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd. Koordinat Jurnal MIPA, 2(1), 31–36. Diambil dari http://jurnalkoordinat.org/index.php/koordinat/article/view/23
Lestari, I. C. (2021). Penerapan media permainan ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran ips di sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.
Lumbantobing, W. L., Silvester, S., & Dimmera, B. G. (2022). Penerapan media permainan ular tangga untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar di wilayah perbatasan. Sebatik, 26(2), 666–672. Diambil dari https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/2170
Mu’aafat, U. D., & Rahmawati, E. (2024). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Medaeng 1 Sidoarjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 989–999. Diambil dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/18090
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. Diambil dari https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/589
Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37–46. Diambil dari http://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/article/view/42
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22–28. Diambil dari https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/4183
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Puspita, R., Yani, E., Dinnisa, K., Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Ayuningtyas, A. D., & Irfan, M. (2022). Interactive Math Path: Permainan Ular Tangga Berbasis Etnomatematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 93–102. Diambil dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/download/12139/4979
Putra, E. D., Sullystiawati, L. H., & Sari, Y. I. (2023). Pendampingan Inovasi Pembelajaran Matematika SMP Melalui Permainan Ular Tangga Berbasis Etnomatematika. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 119–128. Diambil dari https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/1034
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Diambil dari https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Setiawati, F. A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61. Diambil dari https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/1274
Siregar, D. S., & Ananda, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Ular Tangga untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1924–1935. Diambil dari https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2340
Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. Diambil dari https://etdci.org/journal/kognitif/article/view/5
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73. Diambil dari https://pdfs.semanticscholar.org/68d6/35863b33308a01c04f8eac75f6063ab5788f.pdf
Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509–516. Diambil dari http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/280
Yantini, C., Untari, M. F. A., & Listyarini, I. (2021). Penerapan Metode Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kubus Siswa Kelas V SDN Ngemplak Simongan 01 Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(1), 28–33. Diambil dari http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/28
Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32. Diambil dari https://jurnal.insida.ac.id/index.php/attadrib/article/view/110