Multimedia-Base Arabic Languange Learning: A New Approach to the Educational System of Aceh’s Salafi Dayah

Authors

  • HIdayatul Muslimah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.47498/dicis.v5i.4887

Keywords:

Multimedia, Arabic Language Learning, Salafi Dayah

Abstract

Teaching Arabic in Salafi Dayahs is essential for preserving the Islamic scholarly heritage rooted in classical Islamic texts (Kitab Kuning). The digital era presents both opportunities and challenges for Salafi Dayahs to enhance the development of Arabic language learning within these institutions. This study aims to examine the readiness and approaches adopted by Salafi Dayahs in Aceh in teaching Arabic in the multimedia era. The research employs a descriptive qualitative method, using observation and interview instruments. The findings reveal that Salafi Dayahs in Aceh, particularly in Nagan Raya, still rely on classical methods and approaches for teaching Arabic. These include using Kitab Kuning as the primary medium, traditional lecture-based methods, and rote memorization. Technology use is limited to using smartphones by the Teungku (teachers) for translating and interpreting texts. Arabic language learning in Salafi Dayahs still emphasizes profound respect for teachers (ta'zhim), resulting in minimal use of digital media in the learning process.

References

Adri Luntedo, (2021).Digitalisasi Pesantren: hilangnya budaya Tradisional atau sebuah kemajuan?, Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Afiffah Vinda Prananingrum dkk, 2020, Kajian Teoriis Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, Malang
Ahmad Fattah, (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Arabiya, Vol. 8. No. 1 Juni
Ahmad Rathomi, (2020), Maharah Kitabah dalam pembelajaran Bahasa Arab, Tarbiya Islamica ,Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1.
Ahmad Ubaedi Fathudin, (2017), Model Pembelajaran bahasa Arab di Lembaga Pendidikan, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan,.
Akmal, haris Muhammad, (2023). “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren di Era Society 5.0” Islamic Managemen Jurnal Manajemen Pendiddikan Islam
Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Metaedukasi, 1(1),
Arianda, Irsan and Mutia Tisa. (2022). Dilema Kultur Dayah Tradisional di Aceh Menghadapi Transformasi Era Media Digital” Bayan Lin Nas Jurnal Dakwah Islam
Arifin, Zainal, and Sri Rahmi. (2020). “Charismatic-visionary Leadership Of Teungku in Developing The Role of Dayah Mudi Mesra Samalanga, Biruen. Cendikia : Jurnal kependidikan dan Kemasyarakatan.
Creswell, J. W. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage
Damar Gemilang, (2020), Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (ATHLA: Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 1, (1),
Diah Rahmawati As’ari, (2015), Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Konferensi Nasional Bahasa Arab I
Eka Setiyawan Andri dkk, (2021)..Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah, (El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, Vol. 2 No.1
Faiz in’ammurrohmah, (2019) “Kesyubhatan TIK: Sisi Gelap dan Terang Penggunaan TIK pada Literasi Pondok Pesantren” Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia. Vol 01 no. 1.
Faliqul Isbah, (2023) Memahami Karakteristik Bahasa Arab Untuk Pembelajaran (Bashrah Vol. 3 No.1
Farah Aziza Lady, (2020), Ariadi Muliansyah, Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif, El- Tsaqafah Vol. 19 No 1
Gani Ali Hasniyati. (2013), Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik, (Jurnal Al-Ta'dib, Vol. 6 No. 1 Januari - Juni.
Geografis Aceh Barat, diakses
Hamdan, (2017) “Dayah dalam persepektif perubahan social”, jurnal Al- Hikmah, vol. IX No. 14
Haq, Samsul, (2023). Pembelajaran bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi, Muqaddimah Jurnal Pendidikan Sejarah dan ilmu-ilmu social,
Hasan,( 2017), Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima’ Menggunakan Media Lagu,( Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.28
Hayati, N. R. (2019). Peran Pesantren menghadapi Konstelasi Era 4.0. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 8(2),
Irham Absul Haris, (2023) “ Pesantren: Karakteristik dan Unsur-Unsur Kelembagaan” An Najah, Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, Vol. 02.
Irma Sulistiani dkk. Makna Guru Sebagai Peranan Penting dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Citra Pendidikan vol 3.
Kardi, K., Makin, A., & Masruri, A.( 2021). Maktabah Syumila Nu Fiha Dan Maktabah Syamilah: Digital Transformation And Contestation In Pesantren. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 25(2).
Kesuma. (2017). Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah
Mauli,vina diana, (2021). Analisis Tingkat Kesiapan E-Learning ( E-Learning Readiness) Teungku di Dayah Nurul Huda Aceh Besar, Skripsi UIN Ar-Raniry
Melvi Noviza Hasibuan, Halimatus Sa’diyah, (2023), Metode Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah, (Jurnal REVORMA, Vol.3, No. 1.
Meriza, Iin, Asra Febriani, Mutia Tisa, and Muhammad Riza Nurdin. (2022). “The Existence of the Yellow Book in the Digital Era: Study in Dayah Aceh.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 8 (1): 21–36.
Fathurrahman ,Muhammad, (2017), Belajar dan Pembelajaran Modern (Yogyakarta: Garudhawaca.
Muhammad Firgah, (2019) , Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung, Universitas Muhammadiyah : Makassar
Muid, A. (2019). Peranan Pondok Pesantren Di Era Digital. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 7(2)
Mundiri, A., & Nawiro, I. (2019). Ortodoksi Dan Heterodoksi Nilai-Nilai Di Pesantren: Studi Kasus Pada Perubahan Perilaku Santri di Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1)
Munifah, M. 2019. Antara Tradisi dan Modernitas: Metamorfosis Pesantren di Era Digital. Prosiding Nasional, 2,
Nasir, Mohd. (2023). “Teungku Dayah: Era Society dan Ruang Seumebeut” Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam
Nasri, U. (2018). Bersahabat dengan Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu. Mataram: Haramain Lombok.
Nginayatul Khasanah,(2021) Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Urgensi bahasa Arab dan pembelajaran di Indonesia), (An- Nidzam, Vol. 3 No. 2
Nurainiah. (2021).Sistem Pendidikan Dayah Tradisional Aceh, Serambi Tarbawi 9(1):75-91
Nurainiyah, (2021) “Sistem Pendidikan Dayah Tradisional di Aceh” Serambi Tarbawi: Jurnal Studi Pemikira, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam. Vol 9.
Pera Aprizal Ambo, (2021) Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 2 No. 2
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2)
Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars. Vol. 3. No. 1..
Rahayu subakat,( 2017) “Peranan Dayah dan Meunasah di Aceh dalam membentuk masyarakat religius”, Jurnal As-Salam Vol.1 No.3
Rahman, F. (2019). Digital Media Literacy for the Better Santri: Reconsidering the Power of Internet for the Students of Traditional Pesantren. Proceedings of International Conference on Da'wa and Communication Vol. 1, No. 1.
Ritonga, Ade Muhammad,Muhammad Suaib, dan Ahmad Zaki, (2023). Tantangan dan Hambatan: Analisi Problematika pembelajaran bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia.Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia.
Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Dialektika Revolusi Industri 4.0. Deepublish.
Rudi Anto. (2018). “Kasus cybercrime Sebagai Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi yang Meresahkan Masyarakat” Pusat Studi Perencanaan dan Pembangunan Masyarakat.
Saiful, (2021) “Eksistensi Dayah di Aceh: Peran dan kiprahnya dalam memajukan masyarakat” AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam Vol. 1, No. 2,
Silahuddin. (2015). “Transformasi Budaya Pendidikan Dayah Di Aceh.”Jurnal MUDARRISUNA
Tamrin Hidayat, (2019). Rembesan Teknologi Digital Dalam Pondok Pesantren Salafiyah”, Skripsi UIN Semarang,
Ulum, Miftachul, and Abdul Munim. (2019) "Digitalisasi Pendidikan Pesantren (Paradigma Dan Tantangan Dalam Menjaga Kultur Pesantren)."
ZA, Tabrani, Saifullah Idris, Ramzi Murziqin, Syahrul Riza, and Wahyu Khafidah. (2021). “Parameter Transformasi Kurikulum Dayah Salafiyah Di Aceh.” Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 7 (1)
Zulfikar, Azmi Yudha. (2022).Transformasi Sosial dan Perubahan Dayah di Aceh. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini,.

Downloads

Published

2025-02-28