PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PRODUK, HARGA DAN MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI DI STAIN TEUNGKU DIRUNDENG MEULABOH)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kualitas produk, harga dan minat beli di E-Commerce Shopee, dan faktor apa saja yang menarik minat beli mahasiswa di E-Commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Syariah dan Ekonomi Islam yang pernah melakukan pembelian di E-Commerce Shopee. Informan yang diambil sebanyak 15 informan melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas produk di E-Commerce Shopee sangat penting, kualitas produk sesuai dengan harapan mahasiswa baik dari segi fungsinya maupun dari kemasannya. Harga produk di E-Commerce Shopee terjangkau dan murah, serta terdapat perbedaan harga produk diantara toko-toko yang ada di Shopee. Mahasiswa sering melakukan perbandingan harga dengan alasan supaya memperoleh kualitas produk yang sama dengan harga yang relatif murah. Minat beli mahasiswa biasanya terhadap produk fashion seperti baju, sepatu, tas, celana dan lain-lain, kehadiran Shopee sangat memudahkan mereka dalam berbelanja. Faktor-faktor yang menarik minat beli mahasiswa di E-Commerce Shopee yaitu produk, harga, tempat dan promosi.
Copyright (c) 2022 Lia Murlisa, Jihan Humaira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.