https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/issue/feedBasha'ir: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir2025-07-19T16:42:14+07:00Triansyah Fisabashair@staindirundeng.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Basha'ir: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir</strong> is a periodical scientific journal that publishes the latest research and research results about the Qur'an, studies on the study of Qur'anic Science, Qur'anic Tafsir Studies both classical and contemporary, and living Quran. Published twice a year in June and December by the Study Program of Qur'an and Tafsir STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. This journal is expected to have a positive impact and extensive religious knowledge and discussions that are studied truly scientifically to be able to contribute to the academic world, especially among Qur'anic thinkers.</p> <p style="text-align: justify;">p-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210728412275409" target="_blank" rel="noopener">2807-1018</a> | e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210725142339639" target="_blank" rel="noopener">2807-100X</a></p>https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/4321Pandangan Ulama Woyla Terhadap Ayat-Ayat Kepemimpinan Perempuan2025-07-14T22:37:17+07:00Ainal Marziahaainolmarziah@gmail.comHanif Hanifhanifmdahlan@staindirundeng.ac.idTriansyah Fisafisa@outlook.co.id<p style="text-align: justify;">The belief that women are weak and inferior has been a long-standing discussion in the Woyla community, leading to the perception that women are unfit for leadership, much like the classical scholars who largely prohibited women from leading. However, most contemporary scholars allow female leadership, interpreting the same Qur'anic verses differently. This study focuses on the views of dayah scholars in Woyla, Aceh Barat, aiming to explore their stance on female leadership and whether the Qur'an explicitly addresses this issue. Field research reveals that the majority of dayah scholars in Woyla hold that women should not be leaders, citing Surah An-Nisa, verse 34, as a basis for their argument. Nonetheless, they allow women to lead in specific areas outside of household and family matters, relying on Qur'anic verses that emphasize human equality and the mutual support of individuals without distinguishing between male and female. This nuanced understanding shows that while traditional views may restrict women’s leadership in certain domains, there is space for female leadership in other contexts based on broader interpretations of equality in the Qur’an.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ainal Marziah, Hanif Hanif, Triansyah Fisahttps://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/4495Tafsir Al-Mishbah Quraish Shihab2025-07-19T15:48:52+07:00Muhammad Habib Izzuddin Amin24205031015@student.uin-suka.ac.idIndal Abrorindal.abror@uin-suka.ac.id<p style="text-align: justify;">Al-Qur’an serta penafsirannya yang relevan dan kontekstual menjadi kebutuhan mendesak dalam menghadapi tantangan modernitas. Salah satu karya tafsir yang menonjol di Indonesia adalah tafsir al-Mishbah karya Quraish Shihab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi dan kontekstualisasi yang ditawarkan tafsir ini bagi masyarakat modern Indonesia. Metode kualitatif dengan pendekatan <em>library research</em> akan digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan analisis mendalam terhadap tafsir al-Mishbah dan relevansinya terhadap isu-isu kontemporer, seperti perhatian terhadap isu lingkungan, keadilan gender, dan juga antisipasi terhadap berita hoax. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Quraish Shihab mampu menghadirkan penafsiran yang sesuai dengan konteks masyarakat Indonesia, penekanan pada nilai-nilai universal al-Qur’an seperti mengedepankan nilai-nilai toleransi dan moderasi, serta konteks ke-Indonesiaan yang tercermin pada musyawarah dan mufakat, serta kekayaan tradisi dan budaya lokal yang dapat dilihat dari konsep pakaian serta gotong royong dan saling memberi yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Melalui pendekatan yang moderat, inklusif, dan dialogis menjadikan tafsir al-Mishbah sebagai rujukan penting bagi masyarakat Muslim modern yang ingin memahami al-Qur’an dalam konteks kekinian. Selain itu penyertaan contoh-contoh konkret dalam kehidupan sehari-hari memperkuat daya tarik dan relevansinya.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Muhammad Habib Izzuddin Amin, Indal Abrorhttps://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/4574Pemahaman Masyarakat Subulussalam Kota Terhadap Surah Al-Hujurāt Ayat 13 Dalam Kaitannya Dengan Ta’aruf Pra Nikah2025-07-14T22:37:11+07:00Boihaqi bin Adnanboihaqi.haqi@ar-raniry.ac.idCut Riswana Warlita200303147@student.ar-raniry.ac.id<p style="text-align: justify;">This study aims to explore the understanding of the people of Subulussalam City regarding Surah Al-Ḥujurāt verse 13, particularly in relation to ta’aruf before marriage. Ta’aruf refers to the initial process undertaken by prospective couples—male and female—to get to know each other, so that their forthcoming marriage is based on mutual understanding and informed decision-making. The research employs a descriptive qualitative method, with data collected through observation and interviews. The data were analyzed through the stages of data collection, data reduction, and conclusion drawing. The findings of the study are as follows:In the translation category, 3 informants were classified as having a good understanding, while 1 informant was found to have no understanding. In the interpretation category, 2 informants demonstrated a good understanding, while 4 were categorized as having only partial understanding. In the extrapolation category, 6 informants were found to have a good understanding, while 2 informants showed no understanding.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Boihaqi bin Adnan, Cut Riswana Warlitahttps://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/4654Epistemologi Tafsir Ishari2025-07-14T22:37:08+07:00T Mairizalt.mairizal@staindirundeng.ac.id<p style="text-align: justify;">This study examines <em>Haq</em><em>ā</em><em>’</em><em>iq al-Tafs</em><em>ī</em><em>r</em> by Abu ‘Abd al-Rahman al-Sulamī as a classical representation of <em>tafs</em><em>ī</em><em>r ishârî</em>, rooted in Sufi intuition while maintaining alignment with <em>ẓā</em><em>hir</em> (exoteric) interpretation. Utilizing a library research method, this work explores both primary and secondary sources to investigate the epistemological foundations and the interpretive contribution of this text within the broader Islamic exegetical tradition. Despite its mystical orientation, the tafsīr remains within the bounds of the Sharia and avoids the deviations often associated with <em>b</em><em>āṭ</em><em>in</em><em>ī</em> exegesis. In contemporary discourse, <em>Haq</em><em>ā</em><em>’</em><em>iq al-Tafs</em><em>ī</em><em>r</em> offers valuable insight into promoting religious moderation through a spiritually rich yet normatively grounded, inclusive approach to Islamic understanding.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 T Mairizalhttps://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/4655Landasan Teologis Tafsir Ekologis Dalam Kitab Tafsir Nusantara2025-07-14T22:37:06+07:00Muhammad Faisalmuhammadfaisal@staindirundeng.ac.idBaihaqi Baihaqibaihaqi@staindirundeng.ac.id<p style="text-align: justify;">Contemporary Qur’anic exegesis examines current social phenomena, using issues like poverty, gender, and especially the environment as the basis for interpretation. This article focuses on environmental issues, highlighting growing public concern over environmental damage caused by both natural events and human actions. Such concerns have led exegetes to explore Qur’anic verses on environmental preservation, emphasizing that protecting the environment is a religious command. Three major Nusantara tafsir—Tafsir al-Azhar (HAMKA), Tafsir al-Misbah (Quraish Shihab), and Tafsir Kemenag—discuss this theme in depth. Using a descriptive qualitative method, this study finds that verses such as QS Al-Baqarah: 30, QS Al-Isra’: 27, QS Al-A’raf: 56, QS Al-Anbiya: 30, QS Ar-Rum: 41, QS Ali Imran: 190–191, and QS Ibrahim: 7 form the basis for environmental preservation in these interpretations.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Muhammad Faisal, Baihaqi Baihaqihttps://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/4724Konsep Permasalahan Psikologis Pada Gen-Z2025-07-19T15:48:13+07:00M.Zakian Ifadamuhammadzakianifada@gmail.comFirdausfirdausalmanar@gmail.comMaimun Muzakamaimunmuzaka9@gmail.comLutfah Mukaromahlutfahmukaromah0@gmail.comSantisantimbsalmanar@gmail.com<p>Permasalahan kesehatan mental pada Generasi Z semakin mengkhawatirkan akibat tingginya intensitas penggunaan media sosial. Gejala seperti kecemasan, stres, dan ketidakstabilan emosi sering dipicu oleh fenomena digital seperti FoMO, perbandingan sosial, dan perundungan siber. Tulisan ini mengambil posisi dalam diskursus integrasi spiritual-psikologis dengan menawarkan solusi berbasis Al-Qur’an terhadap gangguan mental tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan metode studi kepustakaan, artikel ini menganalisis bentuk dan penyebab gangguan mental pada Gen-Z serta menyajikan nilai-nilai spiritual Qur’ani seperti dzikir, tawakkal, dan qana’ah sebagai media penyembuhan jiwa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai ini, jika diaktualisasikan melalui konten media sosial, mampu menciptakan ruang digital yang menenangkan dan membangun identitas positif. Media sosial pun dapat menjadi sarana dakwah spiritual dan penyembuhan mental apabila dimanfaatkan secara bijak. Kesimpulannya, integrasi antara spiritualitas Qur’ani dan literasi digital adalah solusi strategis dalam mengatasi krisis psikologis Gen-Z. Artikel ini memberikan kontribusi berupa model spiritual yang aplikatif dan kontekstual untuk meningkatkan kesehatan mental generasi muda di era digital.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 M.Zakian Ifada, Firdaus, Maimun Muzaka, Lutfah Mukaromah, Santihttps://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/4614Penguatan Moderasi Beragama Melalui “Living Quranic Values” di Pesantren2025-07-19T16:42:14+07:00Tabsyir Masykartabsyirmasykar@staindirundeng.ac.idPikri Pikrifikrylimbong@gmail.com<p style="text-align: justify;">Penelitian ini berfokus pada implementasi, pemahaman, serta dampak penerapan <em>Living Qur’anic Values</em> di pesantren wilayah Barat Tengah Aceh, dengan tujuan utama memperkuat kesadaran moderasi beragama. Sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam, pesantren memiliki peran strategis dalam membentuk karakter santri yang tidak hanya memahami ajaran Al-Qur'an secara teoritis, tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai Qur'ani seperti tawassuth (moderat), i’tidal (adil), tasamuh (toleran), ishah (perbaikan), qudwah (teladan), musyawarah (konsultasi), muwathanah (kewarganegaraan), al-la 'unf (anti kekerasan), dan i’tiraf bil ‘urf (menghargai tradisi) dianggap sebagai elemen kunci dalam membangun sikap moderat di kalangan santri, yang sangat relevan di tengah keberagaman masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mixed methods), yaitu kombinasi antara metode kualitatif dan kuantitatif, guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang penerapan <em>Living Qur’anic Values</em>. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket yang melibatkan para pimpinan pesantren, ustadz-ustadzah, serta santriwan-santriwati di sejumlah pesantren di wilayah Barat Tengah Aceh. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa penerapan nilai-nilai Al-Qur’an ini sudah cukup baik di lingkungan pesantren, meskipun masih ada disparitas dalam pemahaman dan pengamalan konsep moderasi beragama di antara santri. Sebanyak 54% santri telah mendengar istilah moderasi beragama atau washathiyyah, namun hanya 30% dari mereka yang benar-benar memahami konsep ini secara mendalam. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun nilai-nilai moderasi telah diperkenalkan, integrasinya dalam kurikulum formal dan praktik sehari-hari masih perlu ditingkatkan. Dampak penerapan <em>Living Qur’anic Values</em> terlihat dalam berbagai aspek kehidupan di pesantren. Di sekolah, santri menunjukkan peningkatan kedisiplinan, tanggung jawab, dan prestasi akademik, serta lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Di lingkungan pesantren, nilai-nilai akhlak dan moral yang baik, seperti kesederhanaan dan empati, semakin melekat dalam keseharian santri. Sementara di masyarakat, santri menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial. Temuan ini menunjukkan pentingnya penguatan penerapan nilai-nilai Qur’ani di pesantren, baik secara konseptual maupun praktis, untuk menciptakan generasi santri yang tidak hanya cerdas dalam memahami agama, tetapi juga mampu menjadi agen perubahan yang moderat, toleran, dan berkontribusi positif di masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan pendidikan pesantren yang lebih berfokus pada penguatan moderasi beragama dan pengamalan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.</p>2025-07-07T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Tabsyir Masykar, Pikri Pikri