Author Guidelines

Pedoman Penulisan Basha’ir: Jurnal Ilmiah Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir:

Basha’ir: Jurnal Ilmiah Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, terbit dua kali setahun dan menerbitkan hasil penelitian dan studi teori tentang Alquran. Ruang Lingkup Jurnal Basha’ir adalah: 1) Kajian Ilmu Alquran, 2) Terjemahan Alquran, 3) Studi Tafsir Alquran, 4) Penelitian tentang Alquran, dan 5) Living Qur'an. Naskah yang dikirimkan ke editor Basha’ir akan dipertimbangkan untuk dimuat jika memenuhi kriteria berikut:

  • Naskah berupa hasil penelitian maupun pemikiran/konseptual dan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat.
  • Batas toleransi plagiarisme untuk artikel maksimal 35 %
  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris/Arab, dengan isi naskah antara 3000-5000 kata atau 7-10 halaman (termasuk teks, semua tabel, dan gambar, catatan, referensi, dan lampiran yang dimaksudkan untuk publikasi). Naskah ditulis sesuai template jurnal Basha’ir dengan menggunakan Font-size: Goudy Old Style 12 pt, ukuran kertas A4, margin atas: 2 cm, bawah: 2 cm, kiri: 2.5 cm, dan kanan: 2 cm. Spasi 1.15 pt.
  • Naskah ditulis berurutan terdiri dari: Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Isi, dan Daftar Pustaka.
  • Judul harus ringkas dan spesifik tidak melebihi 16 kata baik yang menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris maupun Bahasa Arab.
  • Pencantuman nama penulis, afiliasi kelembagaan, dan alamat email di bawah judul artikel, dan Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik;
  • Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang terdiri dari 100-200 kata. Yang memuat latar belakang masalah, tujuan, metode, dan hasil penelitian/kesimpulan. Abstrak seringkali disajikan terpisah dari artikel, sehingga harus bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu, referensi dan singkatan yang tidak standar atau tidak umum harus dihindari;
  • Kata kunci/Keywords terdiri dari 2-5 kata atau frase yang mencerminkan isi naskah.
  • Basha’ir hanya menerima pengiriman elektronik (online). Oleh karena itu, penulis harus masuk sebelum mengirimkan artikel mereka. Naskah dikirim melalui online submission Jurnal Basha’ir dengan alamat Link Submissions (langsung klik daftar/register).
  • Sistematika penulisan:
    1. Hasil penelitian, terdiri dari: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka;
    2. Hasil pemikiran/Konseptual: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Isi, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
  • Kutipan biasanya hanya membutuhkan nama belakang penulis, tahun terbit, dan (terkadang) nomor halaman. Semua karya yang dikutip harus muncul dalam daftar referensi di akhir artikel dan disusun menurut abjad. Semua catatan harus muncul dalam teks sebagai kutipan (innote). Pengutipan rujukan disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Microsoft Reference, dan lain-lain serta ditulis dengan sistem sitasi American Psychological Association (APA) 16th
  1. Daftar Pustaka ditulis secara alfabetis dengan memuat: nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/jurnal/majalah diketik miring, kota tempat penerbitan, dan nama penerbit. Daftar rujukan dan referensi adalah daftar kepustakaan terbaru dengan rujukan minimum 60% dari jurnal atau penelitian ilmiah yang saling terkait, di atas tahun 2013. Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan.
  2. Semua naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.