KEBIJAKAN MONETER DAN KEUANGAN BERKELANJUTAN PENGARUH TERHADAP INVESTASI HIJAU

  • Abdillah Dwi Prasetyo UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hendri Hermawan Adinugraha
Keywords: Investasi Hijau, Kebijakan Moneter, Keuangan Berkelanjutan

Abstract

Perubahan iklim adalah salah satu tantangan mendesak yang dihadapi oleh manusia pada abad ke-21 Dalam upaya menghadapi dampak perubahan iklim, masyarakat internasional semakin memahami pentingnya keberlanjutan (sustainability) sebagai fondasi untuk bertindak. Konsep ini mencakup transformasi mendasar dalam cara kita memproduksi, menkonsumsi, dan mengelola sumber daya alam Namun, untuk mencapai potensi penuh investasi hijau, kita harus memahami peran yang dimainkan oleh kebijakan moneter dan keuangan dalam membentuk arah aliran dana ke proyek-proyek berkelanjutan Penelitian ini mengadopsi metode penelitian lapangan, yang pada dasarnya merupakan suatu pendekatan untuk mendapatkan pemahaman umum dan praktis mengenai peristiwa atau gejala yang sedang terjadi. Penelitian ini mengusung metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai gejala atau peristiwa yang sedang diteliti. Dalam diskusi dengan seorang Ekonom dan Ahli Kebijakan Moneter, kita membahas dampak perubahan suku bunga oleh bank sentral terhadap investasi hijau dalam proyek-proyek berkelanjutan. Suku bunga memainkan peran kunci dalam menentukan biaya modal bagi investor, mempengaruhi keputusan investasi mereka. Dalam jangka pendek, suku bunga rendah dapat meningkatkan investasi hijau dengan menstimulasi permintaan agregat, output, dan lapangan kerja. Dalam diskusi inPentingnya kebijakan likuiditas bank sentral juga diakui sebagai faktor positif dalam mendukung proyek-proyek investasi hijau. Kebijakan tersebut, seperti pelonggaran kuantitatif, dianggap dapat menurunkan suku bunga jangka panjang dan meningkatkan stabilitas pasar keuangan, memberikan dampak positif terhadap ketersediaan dan aksesibilitas pendanaan untuk proyek-proyek investasi hijau.

References

Batten, D., & Cummins, D. (2017). Green finance and investment: Mapping channels to mobilise institutional investment in renewable energy. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 74, 1457-1474.
Bernanke, B. S., Laubach, T., Mishkin, F. S., & Posen, A. S. (1999). Inflation targeting: Lessons from the international experience. Princeton University Press.
Bustomi, M. Y. (2018). Pengaruh tingkat inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar dan pertumbuhan ekonomi terhadap investasi aspek Manufaktur di Indonesia 2012-2016 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Clark, G. L., Feiner, A., & Viehs, M. (2015). From the stockholder to the stakeholder: How sustainability can drive financial outperformance. The University of Oxford Smith School of Enterprise and the Environment
Durante, E., Ferrando, A., & Vermeulen, P. (2022). Monetary policy, investment and firm heterogeneity. European Economic Review, 148, 104251.
Eccles, R. G., & Serafeim, G. (2013). The performance frontier: Innovating for a sustainable strategy. Harvard Business Review, 91(10), 50-60.
Edmans, A., & Kacperczyk, M. (2022). Sustainable finance. Review of Finance, 26(6), 1309-1313.
Fahrika, A. I. (2016). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Melalui Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. EcceS (Economics, Social, and Development Studies), 3(2), 43-70.
IPCC. (2019). Laporan Penilaian Keempat Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim. https://www-nrdc-org.translate.goog/stories/ipcc-climate-change-reports-why-they-matter-everyone-planet?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc#sec-does Diakses pada tanggal 17 september 2023, pukul 17.45
Mishkin, F. S. (2019). The economics of money, banking, and financial markets. Pearson.
Mumbunan, C. M., & Juliana, C. (2023). PENGARUH LAPORAN KEBERLANJUTAN TERHADAP LABA PER LEMBAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2021. Prosiding Working Papers Series In Management, 15(1), 222-240.
Scholtens, B., & Kang, F. (2013). Corporate social responsibility and earnings management: Evidence from Asian economies. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 20(2), 95-112.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang pendidikan. CV. Nata Karya.
Smith, J. (2018). Perubahan Iklim dan Dampaknya terhadap Stabilitas Lingkungan. Jurnal Lingkungan dan Perubahan Iklim, 10(3), 45-60.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tran, T., Do, H., Vu, T., & Do, N. (2020). The factors affecting green investment for sustainable development. Decision Science Letters, 9(3), 365-386.
World Bank. (2020). Laporan Perubahan Iklim Global 2020.https://data-worldbank-org.translate.goog/topic/19?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc Diakses pada tanggal 17 September 2023, pada pukul 18.30
Published
2023-12-06