WACANA INTELEKTUAL KEAGAMAAN ISLAM DI INDONESIA DENGAN TIMUR TENGAH

  • IAIN Takengon

Abstract

Sejarah Islam dimulai dari Timur Tengah di wilayah Arab. Haramayn adalah dua kota Makkah dan Madinah berada di Timur Tengah sebagai pusat intelektual dunia Muslim, dimana ulama, sufi, filosof, penyair, pengusaha dan sejarawan Muslim bertemu dan saling menukar informasi. Hubungan intelektual para ulama Timur Tengah dengan para pelajar di Indonesia dalam bentuk murid dan guru di komunitas Jawi, telah memberikan andil sangat besar bagi pengakuan luas dari masyarakat bahwa mayoritas ulama Nusantara yang belajar di Timur Tengah mempunyai wibawa atau reputasi keulamaan yang baik. Hubungan tersebut terjalin sejak awal masuknya Islam dibawa oleh para pedagang Muslim dari Arab. Sejak abad ke-17 hubungan ini umumnya bersifat keagamaan, keilmuan, dan politik antar beberapa kerajaan Muslim Nusantara. Hubungan intelektual para ulama terkait paham keagamaan, yaitu harmonisasi antara syariat dan tasawuf.

Kata Kunci: Intelektual, Islam Indonesia, Timur Tengah

References

AS. Hornby, EV. Gatenby, H. Wakefield, The Advenced Learner’s Dictionary of Current English, Oxford: Secon Edition, 1962.
Azyumardi Azra, Isei-Isei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.
Azyumardi Azra, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.
George A. Theodorson and Achilles Theodorson, A Modern Dictionary of Sociology, (New York: Barner and Noble Books, 1979), hal.210 dalam Azyumardi Azra, Isei-Isei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.
Hasan Asari, Menguak Sejarah Mencari Ibrah: Risalah Sejarah Sosial-Intelektual Muslim Klasik, Medan: Perdana Publishing, 2017.
Hasan Asari, Sejarah Pendidikan Islam: Membangun Relevansi Masa Lalu dengan Masa Kini dan Masa Depan, Medan: Perdana Publishing, 2019.
https://id.wikipedia.org/wiki/Walisongo.
Haidar Putra Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Kencana, Prenada Media Group, Jakarta, 2007.
Jajat Burhanuddin, Ulama dan Kekuasaan: Pergumulan Elit Muslim dalam Sejarah Indonesia, Jakarta: Mizan Publika, 2012.
John M. Echol dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1981
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
Samsul Nizar, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam: Potret Timur Tengah Era Awal dan Indonesia, Ciputat: Ciputat Press Group, 2005.
Sulasman dan Suparman, Jejak Islam di Asia & Eropa: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Published
2021-08-04
Section
Articles